blanja-tcash
telkomsel halo

Tender Frekuensi 3G Diperkirakan di Kuartal II 2016

13:02:21 | 10 Jan 2016
Tender Frekuensi 3G Diperkirakan di Kuartal II 2016
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo)  memperkirakan tender frekuensi 3G bisa dimulai pada kuartal kedua 2016.

"Kemungkinan di kuartal kedua 2016. Tadinya, ingin dijalankan di kuartal pertama, tetapi kita akan gabung dengan 2,3 GHz. Mungkin akan beda sebulan dari rencana awal," ungkap Menkominfo Rudiantara, kemarin.

Seperti diketahui, pemerintah tadinya berencana melelang dua blok frekuensi (blok 11 dan 12) di 2,1 GHz  pada akhir 2015. Rencana ini tertunda karena belum selesainya tata ulang di frekuensi 850 MHz dan bersihnya frekuensi 1.900 MHz dari Smart Telecom. (Baca juga: Tender 3G Molor)

Sementara pada frekuensi 2,3 GHz terdapat total lebar pita sebesar 30 MHz lisensi nasional dan 30 MHz lisensi lokal. Tadinya,  pemerintah  menargetkan proses tender frekuensi yang akan digunakan untuk 4G ini dilakukan setelah frekuensi 2,1 GHz selesai.

Menurut Pria yang akrab disapa RA ini, dengan keputusan dilakukan tender serentak sebenarnya  akan menguntungkan bagi operator selular yang akan mengikuti proses tender tersebut. Pasalnya, akan memberikan ruang bagi operator untuk mendapatkan engineering benefit karena sudah ada kepastian jumlah frekuensi.

"Secara value akan lebih bagus untuk industri, karena pada akhirnya akan ada carrier agregration," ujarnya.(wn)

fb tw
Share
Artikel Terkait
loading...
Rekomendasi
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma
indihome