blanja.com
telkomsel halo

Syarat sukses transformasi digital bagi Telco

09:22:15 | 07 Dec 2017
Syarat sukses transformasi digital bagi Telco
Suasana diskusi di Tele Management Forum Asia (ist)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Transformasi digital yang melanda operator telekomunikasi tak bisa dihindari di era milenial.  

Melakukan transformasi dari pemain telekomunikasi (Telco) menjadi Digital Company (DiCo) menjadi pilihan bagi operator jika tak mau tertinggal di era yang makin digital.

“Kunci sukses Transformasi Digital adalah Analog. Analog dalam hal ini adalah People atau karyawan. Telco harus alokasikan dana untuk membangun kompetensi karyawannya untuk siap menghadapi era digital. Kompetensi seperti Design thinking, Artificial Intelligent (AI), Data Scientist dan lainnya,” ungkap Senior Advisor of Chief of Digital & Strategic Portfolio Telkom Indonesia Sri Safitri kala menjadi pembicara di Tele Management Forum Asia di Singapura, beberapa waktu lalu.

Menurut wanita yang meraih gelar Master di  Royal Melbourne Institute Technology (RMIT) Australia itu pemain Telco terbiasa mencapai target yang ditetapkan atasan sehingga agar Transformasi sukses, sangat penting arahan dan komitmen pemimpin tertinggi  disertai target dan konsekuensi yang jelas sehingga Manajer dan staff akan mencapai target tersebut.

“Aspek penting lainnya dalam Transformasi Digital adalah Customer Experience (CX). Sayangnya dalam hal CX dan adopsi teknologi, Telco tertinggal dibandingkan industri eCommerce. Amazon misalnya saat ini sudah merekrut 1200 AI Engineer dan developer,”katanya.  

Ditambahkannya, peran dari seorang Chief Information Officer juga sangat penting dalam Transformasi digital. Mereka tidak hanya memikirkan bagaimana agar perusahaan bertahan di era digital, namun juga fokus mengamankan keberhasilan transformasi digital sebelum didisrupsi pesaing.

Sri Safitri

“CIO mesti berpikir dengan cara yang berbeda mengenai proses dan teknologi yang dikembangkan karena jika berpikir sama tidak bisa disebut transformasi. Harus disadari pendorong Transformasi Digital itu adalah perubahan demand pelanggan, teknologi dan kompetitor. Dulu kompetitor telco adalah telco lain, sekarang Over The Top (OTT) bisa menjadi kompetitor,” pungkasnya.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
hut idt 6
More Stories
iklan-web.gif
telkom sigma
kemenpar pesona indonesia
kemenpar pesona indonesia