blanja.com
telkomsel halo
finnet KTM

Laporan langsung dari Kourou

Sah! Satelit Telkom 3S diluncurkan

05:05:33 | 15 Feb 2017
Sah! Satelit Telkom 3S diluncurkan
Roket Ariane 5 tengah meluncur membawa satelit Telkom 3S ke slot orbit.(dok)
telkomtelstra januari - maret
KOUROU (IndoTelko) - Satelit Telkom 3S (T3S) milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) akhirnya diluncurkan ke angkasa menuju slot orbitnya oleh roket Ariane 5 pada 14 Februari 2017 dari Kourou, French Guiana pada jam 18.39  atau 15 Februari sekitar 04.40 WIB.

"Sekarang posisinya baru melepas dua booster di ketinggian sekitar 176 KM atau baru 17 menit perjalanan. Nanti di menit ke 27 baru lepas upper stage. Sejauh ini roket dalam jalurnya membawa satelit T3S ke slot orbit yang dituju," ungkap Kepala Proyek Satelit Telkom 3S Tonda Priyanto kepada IndoTelko di Kourou, Selasa (14/2) malam.

Sementara itu, dalam situs resmi Arianespace yang menjadi pihak peluncur dari satelit Telkom 3S menjelaskan 13 detik setelah roket diluncurkan adalah akhir dari vertical climb dan mulainya pitch motion.

Direktur utama Telkom Alex J Sinaga bersama jajaran manajemen melihat peluncuran roket Ariane 5 yang membawa satelit Telkom 3S

Setelah itu di detik ketujuh belas memulai roll maneuver, pada menit kedua adalah pemisahan EAP, di menit ketiga 21 detik menjalankan Fairing jettisoned.

Selanjutnya masuk ke menit ketujuh dilakukan Acquisition oleh  Natal tracking station dan di penghujung menit kedelapan akhir dari EPC thrust phase.

Memasuki menit kesembilan dimulai pemisahan EPC dan dilanjutkan ESC-A stage. Memasuki menit ke-27 satelit SKY Brasil-1 akan dilepas dan di menit ke-39 giliran satelit Telkom 3S. Misi dari Arianespace akan selesai di menit ke-53  

Asal tahu saja, Telkom memilih model pengadaan In Orbit Delivery (IOD) untuk penempatan satelit Telkom 3S. Artinya, satelit diserahterimakan ke Telkom kala sudah berada di slot orbit 118 BT.

Selama proses peluncuran hingga dilepasnya satelit Telkom 3S dari roket atau sekitar 39 menit peluncuran akan menjadi tanggungjawab dari Arianespace. Setelah itu, Thales Alenia Space sebagai mitra pembuat satelit akan mengambil alih operasi hingga penempatan ke slot orbit.(dn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
Lifestyle-IMS-Core-Android_300x250.jpg
More Stories
telkom sigma
smartfren
kerjasama CSI
kerjasama CSI