blanja.com
telkomsel halo

Pemerintah akan akselerasi fixed broadband di 2018

17:03:36 | 06 Dec 2017
Pemerintah akan akselerasi fixed broadband di 2018
Menkominfo Rudiantara (tengah) diantara pengurus Apnatel (ist)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Pemerintah akan mengakselerasi pembangunan infrastruktur fixed broadband pada 2018 guna mengejar ketertinggalan dari negara lainnya di Asia Tenggara.

"Salah satu yang bikin ICT Index Indonesia itu stagnan ya karena pembangunan fixed broadband tak banyak. Jadi, tahun depan di kuartal pertama saya akan kumpulkan pemain fixed broadband untuk bicara kendala yang dihadapi," ungkap Menkominfo Rudiantara usai membuka seminar "The Role of Broadband as a Competitive Advantage to Develop Indonesia's Economy yang digagas Asosiasi Perusahaan Nasional Telekomunikasi (Apnatel), di Jakarta, Rabu (6/12).

Diharapkannya, dalam focus group discussion yang akan dihelat pada Januari 2018 itu bisa dicari jalan keluar agar pembangunan fixed broadband massif di Indonesia. "Telkom pasti akan diajak, mereka yang banyak bangun fixed broadband. Kita akan ajak juga pengembang properti agar semua sinergi," katanya.

Ketua Umum Apnatel Triana Mulyatsa menyatakan untuk mendorong fixed broadband butuh kebersamaan dari semua operator dan adanya ekosistem yang kondusif.

"Kita butuh juga kemudahan ijin dari pemerintah untuk gelar jaringan, ketersediaan fasilitas terkait jaringan di properti, kompetensi tenaga kerja, serta kemudahan dalam pelaksanaan pembangunan," katanya.

Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin mengatakan Telkom siap mensukseskan keinginan pemerintah. "Kita punya home passed sekitar 20 juta. Selain itu minimal ke rumah-rumah itu kecepatan 10 Mbps," katanya. (Baca: Pelanggan Telkom)

Dalam catatn, pelanggan Fixed Broadband milik Telkom sebanyak 4,75 juta pelanggan. Jumlah tersebut termasuk 2,34 juta pelanggan Triple Play IndiHome dengan ARPU IndiHome kuartal ini tercatat sebesar Rp 308 ribu. (Baca: ICT Index)

Sedangkan ICT development index Indonesia berada di urutan ke-115 dari 175 negara dengan skor hanya 3,86 mengindikasikan memang Indonesia harus mengejar ketertinggalan di bidang Teknologi Informasi.(dn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
hut idt 6
More Stories
iklan-web.gif
telkom sigma
kemenpar pesona indonesia
kemenpar pesona indonesia