blanja.com
telkomsel halo

Komisi I dorong rebalancing PNBP bagi daerah 3T

11:54:55 | 02 Dec 2017
Komisi I dorong rebalancing PNBP bagi daerah 3T
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Komisi I DPR mendorong Kementerian Keuangan untuk melakukan rebalancing atau realokasi Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) Biaya Hak Penggunanan (BHP) frekuensi untuk penambahan anggaran infrastruktur telekomunikasi di wilayah kewajiban universal, yang dikelola Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Demikian salah satu kesimpulan yang dibacakan Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari dalam rapat kerja antara Menteri Komunikasi Informatika Rudiantara, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, dan perwakilan Kementerian PPN/Bappenas di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (28/11) seperti dikutip dari laman DPR.go.id (2/12).

Rapat ini fokus membahas mengenai dukungan PNBP sektor telekomunikasi untuk pembangunan infrastruktur di daerah perbatasan dan Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T).

“Komisi I DPR mendorong Kementerian Keuangan, Kementerian PPN/Bappenas, dan Kementerian Kominfo untuk melakukan percepatan program pembangunan TIK,” imbuh Kharis.

Percepatan pembangunan itu dalam konteks pembangunan Palapa Ring, Base Transceiver Station (BTS), akses internet, pembentukan ekosistem teknologi informasi dan komunikasi (TIK), serta pengadaan satelit percepatan akses internet.

“Komisi I DPR juga mendesak pemerintah untuk menetapkan prioritas desa, kecamatan, lokasi prioritas di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T) dan desa tertinggal di luar 3T,” tandasnya.

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menerima penghargaan sebagai Kementerian Pengelola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) terbaik kedua dari Kementerian Keuangan. (Baca: PNBP Kominfo)

Tahun ini, pemerintah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) menetapkan target PNBP dari sektor telekomunikasi dan informatika sebesar Rp16,5 triliun.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
hut idt 6
More Stories
iklan-web.gif
telkom sigma
kemenpar pesona indonesia
kemenpar pesona indonesia