blanja.com
telkomsel halo

Kominfo ingin tingkatkan hasil uji perangkat telekomunikasi

10:27:50 | 24 Sep 2017
Kominfo ingin tingkatkan hasil  uji perangkat telekomunikasi
Ismail (dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) ingin meningkatkan kualitas hasil uji perangkat telekomunikasi untuk melindungi masyarakat.

“Salah satu yang ingin kami perhatikan adalah soal dampak keselamatan dan kesehatan bagi pengguna perangkat elektronik yang memancarkan radiasi. Walaupun di dunia internasional masih banyak terjadi perdebatan dan belum ada satu kesimpulan bahwa perangkat tersebut berpotensi untuk merugikan kesehatan dan keselamatan,” ungkap Dirjen Sumber Daya Pos dan Perangkat Informatika (SDPPI) Kominfo Ismail, seperti disiarkan dari laman Kominfo.

Menurutnya, untuk meningkatkan kualitas, Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) harus melakukan reorientasi sesuai dengan kondisi terkini dan mendatang. "Dengan mencermati perkembangan teknologi maupun kebijakan pemerintah diperlukan reorientasi dan untuk menunjang kinerja BBPPT serta mengakomodasi kondisi kedepan," tandasnya.

Dikatakannya, peran BBPPT dalam manajemen spektrum frekuensi radio seusai tugas dan fungsi Ditjen SDPPI Kementerian Kominfo sebagai gate atau pintu masuk laboratorium rujuan untuk industri dalam negeri. “Apabila perangkat akan diekspor ke Luar negeri, tidak perlu diuji lagi diluar karena BBPPT sudah diakui dan dipercaya kompetensinya,” tandas Ismail.

BBPT sendiri tengah melakukan reorientasi berupa: Perbaikan Layanan pengujian terus menerus (continuous improvement) sesuai standar waktu siaran mutu. Pemenuhan dan peningkatan kompetensi SDM teknis dan alat ukur laboratorium. Kapasitas dan kapabilitas kelembagaan BBPPT yang dapat menempatkan diri setara dengan lembaga pengujian internasional yang lain (reciprocal). Pengembangan peran BBPPT sebagai bagian dari peningkatan manajemen spektrum frekuensi radio.

Keempat aspek itu dinilai dapat mendukung tujuan reorientasi dan peningkatan kualitas BBPPT sebagai laboratorium rujukan nasional dan regional khususnya untuk industri dalam negeri.

"Melalui action plan terhadap point-point diatas, diharapkan BBPPT dapat meningkatkan layanan pengujian yang bermanfaat dari sisi keamanan, keselamatan dan kesehatan masyarakat akibat penggunaan perangkat telekomunikasi," harap Kepala BBPPT M. Rus'an.(wn) 

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
hut idt 6
More Stories
telkom sigma