blanja.com
telkomsel halo

Kominfo ingin dorong satelit sebagai aset strategis

13:48:02 | 13 Sep 2017
Kominfo ingin dorong satelit sebagai aset strategis
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) –  Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana untuk mendorong infrastruktur satelit masuk sebagai aset strategis nasional.

“Bisnis satelit adalah bisnis yang kompleks mulai dari desain, peluncuran, hingga beroperasi. Sementara return investasi tak seatraktif seluler. Kita mau dorong satelit menjadi aset strategis agar lebih banyak yang mau menyediakan satelit. Soalnya antara pasokan dan kebutuhan di Indonesia itu timpang,” ungkap Menkominfo Rudiantara, kemarin.

Menurutnya, jika satelit dimasukkan sebagai aset strategis nasional banyak keistimewaan yang didapat para pemainnya, mulai dari akses pendanaan, keamanan fasilitas, dan lainnya. “Ini sedang di-lead oleh Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika agar bisa masuk ke aset strategis,” katanya.

Pria yang akrab disapa RA ini pun menambahkan, sebenarnya pemerintah sebagai regulator sudah mengawasi dengan ketat para pemain satelit di Indonesia. “Tiga tahun jelas usia desain satelit berakhir, sebelumnya kami sudah minta rencana bisnis operator. Kita minta mana kontraknya dengan pabrik, dan detail lainnya. Ini karena kita tak mau ada penundaan pergantian ketika masa desain habis. Filling itu mahal dan susah sekali dapatnya,” tutupnya.

Sementara Ketua Asosiasi Satelit Indonesia Dani Indra Widjanarko menyarankan layanan satelit salah satu media transmisi yang bisa diandalkan menyambungkan seluruh wilayah Indonesia. “Kalau dianggap aset strategis maka pengadaan satelit pemerintah harus difungsikan sebagai infrastruktur pertahanan nasional.Sistem pengendali buminya digolongkan sebagai obyek vital negara,” tutupnya.(id)

Menkominfo Rudiantara bicara bisnis satelit (12/9)

 

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma
kerjasama CSI
kerjasama CSI