blanja.com
telkomsel halo

Industri TIK banyak serap tenaga kerja

10:31:03 | 11 Sep 2017
Industri TIK  banyak serap tenaga kerja
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Pertumbuhan industri bidang telekomunikasi dan informatika bersama bidang transportasi dalam lingkup nasional telah membantu menyerap tenaga kerja sebanyak 9,78% atau sekitar 500 ribu orang.

"Di tingkat global pertumbuhan industri konten mengalami peningkatan permintaan tenaga kerja yang besar yaitu sekitar 63% dibanding tahun sebelumnya. Potensi sangat besar dimiliki oleh industri bidang komunikasi dan informatika memberikan kontribusi kepada pembangunan nasional harus kita kelola sebaik-baiknya," kata Plt Kepala Sekolah Tinggi Multi Media MMTC Yogyakarta Gati Gayatri seperti disiarkan laman Kominfo, (10/9).

Menurutnya, teknologi digital telah menyentuh hampir semua aspek kehidupan, dari sosial, finansial, ekonomi dan bisnis. Hasil riset Boston Consulting Group bahwa Indonesia akan masuk dalam 15 negara yang akan menjadi kekuatan ekonomi digital pada tahun 2025.

Tantangan terbesar yang akan dihadapi Indonesia adalah kekurangan 56% talenta muda untuk mendukung perkembangan tersebut. “Karena itu, pengembangan talenta muda Indonesia merupakan suatu keharusan,” katanya.

Menkominfo Rudiantara menambahkan tujuan dari perkembangan industri telekomunikasi dan informatika, yaitu sebagai enabler pertumbuhan ekonomi dan menstrukturkan tatanan masyarakat menjadi lebih baik, bukan mendegradasi tatanan masyarakat.

Hal itu, bisa dilihat dari media sosial banyak tersebar fake news, berita bohong, dan fitnah, ini merupakan contoh degradasi tatanan masyarakat.

"Tantangan lain yaitu Indonesia merupakan negara kepulauan, pemerintah menargetkan seluruh kabupaten dan kota akan terhubung broadband pada tahun 2019. Nantinya siswa siswi di Indonesia bagian timur tidak perlu ke pusat untuk mendapatkan pendidikan, cukup dengan menggunakan teknologi yang ada. Pada tahun 2030 ekonomi Indonesia akan menjadi 2,5 kali lipat dari posisi sekarang, pada tahun tersebut Indonesia berada di puncak demografi," katanya.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
hut idt 6
More Stories
telkom sigma
kerjasama CSI
kerjasama CSI