blanja.com
telkomsel halo

GTN raih ISO untuk data center

07:41:12 | 16 Jun 2017
GTN raih ISO untuk data center
Grounbreaking GTN Data Center beberapa tahun lalu(dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko)  – PT Graha Teknologi Nusantara (GTN), anak usaha PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) yang mengoperasikan GTN Data Center Rated 3, berhasil meraih dua sertifikasi ISO sekaligus pada akhir Mei lalu yaitu ISO 9001:2015 untuk Sistim Manajemen Mutu dan ISO 27001:2013 untuk Sistim Manajemen Keamanan Informasi.

Kedua sertifikasi ISO yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi BSI (British Standards Institution) dari Inggris ini melengkapi kesuksesan GTN Data Center yang sebelumnya telah disertifikasi ANSI/TIA-942:2014 Rated 3 dari Enterprise Product Integration Pte Ltd (EPI) pada akhir 2016 lalu.

“Bisnis data center adalah bisnis kepercayaan, sehingga kami juga tidak main-main dalam menerapkan standar layanan di GTN Data Center. Kami terus menjaga operational excellence GTN Data Center dengan mengacu pada standar mutu layanan yang terbaik serta standar jaminan keamanan dan kerahasiaan data pelanggan yang tertinggi sebagai best practice kami,” jelas COO PT Graha Teknologi Nusantara Miko Yanuar dalam keterangannya, kemarin.

Standar ISO 9001: 2015 dan ISO 27001:2013 adalah versi terbaru yang merupakan penyempurnaan ISO versi sebelumnya.

ISO 9001 adalah standar sistim manajemen mutu yang diakui secara internasional dan merupakan tolok ukur global untuk sistim manajemen mutu yang telah diterbitkan lebih dari satu juta di seluruh dunia.

Sedangkan ISO 27001 adalah sistim manajemen keamanan informasi dengan pendekatan sistematis dan proaktif untuk mengelola risiko keamanan informasi rahasia perusahaan secara efektif.

Sistim ini merupakan acuan dalam mengelola dan melindungi informasi sensitif perusahaan secara efisien yang mencakup personil, proses dan sistem TI. Badan Akreditasi BSI sendiri merupakan penerbit ISO yang sudah diakui di 182 negara di dunia.

“Dengan menjalankan layanan operasional sesuai standar yang diakui internasional, tentunya akan mampu memperkecil risiko operasional, menekan biaya produksi, memberikan jaminan terhadap pengamanan data, dan meningkatkan reputasi,” tambah Miko.

Diperolehnya ISO 9001 dan 27001 ini menjadikan GTN Data Center sebagai data center terdepan dalam hal penerapan pedoman terkini dan terlengkap di bidangnya.

“Kini kami lebih siap dalam memenuhi kebutuhan pasar di Indonesia dengan mengacu pada best practice yang berlaku internasional. GTN Data Center saat ini bisa disejajarkan dengan data center berskala internasional lainnya di seluruh dunia,” ujar Direktur PT Graha Teknologi Nusantara Kazuomi Izumi.

Proses audit yang dimulai sejak Desember 2016 ini terbilang lancar dan cepat. Hanya dalam kurun waktu enam bulan keseluruhan rangkaian proses audit dapat dirampungkan, dan sertifikasi ISO telah diserahkan pada akhir Mei lalu.

Saat ini GTN juga tengah dalam proses memperoleh sertifikasi Payment Card Industry Data Security Standard (PCI DSS).

PCI DSS adalah sertifikasi standar keamanan informasi yang diwajibkan bagi lembaga yang menangani atau berkaitan dengan informasi pemegang kartu, sebagai dasar persyaratan teknis dan operasional untuk melindungi data pemegang kartu. Hal ini semakin menunjukkan komitmen GTN Data Center untuk memberikan layanan yang terpercaya dan aman bagi pelanggannya.

Meningkatnya kebutuhan para pelaku usaha di era digital saat ini untuk menyimpan dan mengelola data dalam jumlah besar serta memastikan ketersediaan aplikasi penting selama 24/7 tentu butuh dukungan data center yang andal dan aman, dengan skalabilitas tinggi dan aksesibilitas berkelanjutan, termasuk ketersediaan listrik yang harus diprioritaskan untuk memastikan operasional berjalan tanpa gangguan.

Kesulitan yang umum dihadapi adalah kestabilan pasokan listrik, kelangsungan pendinginan, dan kesiapan personil yang stand by selama 24 jam, dimana kesemuanya itu berujung pada membengkaknya biaya operasional.

GTN Data Center yang menerapkan standar kualitas Jepang dan perangkat keamanan terkini, telah mengoperasikan layanan Co-location Services, Integration Services, IT Consultancy Services dan Data Center Managed Services bagi sektor finansial, pemerintahan, pendidikan, manufaktur dan telekomunikasi.

Keunggulan GTN Data Center yang memanfaatkan dua sumber listrik yang kesemuanya aktif dari Cikarang Listrindo dengan dua gardu terpisah untuk menjamin pasokan listrik yang stabil, menjadi salah satu pertimbangan pelanggan dalam memilih GTN Data Center.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
Lifestyle-IMS-Core-Android_300x250_okt.jpg
More Stories
telkom sigma
kerjasama CSI
kerjasama CSI