blanja.com
telkomsel halo

e-Toll bikin akurasi pembayaran meningkat

10:44:00 | 16 Okt 2017
e-Toll bikin akurasi pembayaran meningkat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Pemerintah menyakini penggunaan uang elektronik dalam transaksi pembayaran tol (e-toll) bertujuan untuk meningkatkan pelayanan.

“Kita kan akan memperbaiki pelayanan, yang kedua ingin memperlancar jalan di pintu tol, biar cepat,” kata Presiden Joko Widodo setelah meresmikan jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) seksi II-VI ruas Parbarakan-Sei Rampah, Jumat (13/10) seperti disiarkan laman Kominfo.

Selain itu, banyak negara sudah mengurangi transaksi tunai. “Negara lain sudah pakai (pembayaran non tunai) masak kita mau ngasih cash. Akurasi pembayaran juga semakin jelas, lebih baik, lebih aman,” ucap Presiden.

Terkait adanya anggapan kurangnya sosialisasi penggunaan uang elektronik tersebut, Presiden mengatakan bahwa penerapan sebuah kebijakan memang memerlukan waktu untuk pembelajaran. “Memang apapun perlu waktu untuk pembelajaran, tapi arahnya jelas,” ujar Presiden.

Asal tahu saja, Jasa Marga menargetkan pada 31 Oktober mendatang semua pembayaran di pintu tol sudah non tunai.

Selain itu, sebagai upaya memberikan pelayanan terbaik untuk para pengguna jalan tol, Jasa Marga bersama dengan Telkom  serta Perum Damri meluncurkan JM Access dalam bentuk On Board Unit (OBU). (Baca: Telkom dan Jasa Marga)

Uji coba JM Access OBU di GT Prof. Dr. Ir. Soedijatmo ruas Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Cengkareng dilakukan dengan memasang 300 unit OBU pada bus Damri tujuan Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan kendaraan khusus yang dilengkapi OBU dan merupakan uji coba lanjutan setelah sebelumnya pada Juli 2017, sudah diluncurkan di ruas tol Jakarta-Tangerang.

Transaksi pembayaran tol ​melalui JM Access berbasis OBU ini nantinya dapat dimonitor melalui mobile application yang disebut JM Wallet dan dapat di-top-up dengan mudah melalui berbagai channel pembayaran, baik melalui ATM Bank, e-banking, dan convenient store.

Adapun kelebihan kartu JM Access, selain memberikan kecepatan bertransaksi di jalan tol, sistem yang berisi transaksi ini juga berbasis server, sehingga apabila kartu hilang atau rusak pengguna jalan tol dapat melaporkan dan mendapatkan kartu pengganti serta saldo yang terdapat di dalam kartu akan tetap aman.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma
kerjasama CSI
kerjasama CSI