blanja.com
telkomsel halo
finnet KTM

BPTJ digitalisasi perizinan angkutan sewa khusus

16:43:48 | 16 Jul 2017
BPTJ digitalisasi perizinan angkutan sewa khusus
ilustrasi
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko)  – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) meluncurkan perizinan Online yang diperuntukan bagi Angkutan Sewa Khusus.

Berbagai kemudahan bisa didapatkan dari perizinan system online ini, diantaranya Memudahkan perusahaan dalam mengajukan permohonan izin penyelenggaraan serta Memudahkan perusahaan mengajukan izin operasional kendaraan.

Pemanfaatan teknologi ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan perizinan. Masalah perizinan seringkali menimbulkan banyak kendala dilapangan, pelayanan perizinan dan pengawasan yang bersifat manual menyebabkan biaya yang tinggi, serta memakan waktu yang cukup panjang.

Peluncuran  perizinan berbasis online ini  dinilai tidak memakan biaya yang tinggi dan tidak membutuhkan waktu yang panjang.

Plt. Kepala BPTJ Bambang Prihartono menjelaskan bahwa pemanfaatan sistem perizinan berbasis online  ini akan memudahkan semua pihak, baik perusahaan Angkutan Sewa Khusus maupun pemerintah selaku pengawas.

“Perizinan online ini bersifat cepat, mudah, efisien da efektif dalam memberikan pelayanan yang terukur" disamping itu keunggulan sistem online perijinan ini adalah Non Tunai dimana  sistem telah diintegrasikan dengan sistem SIMPONI Kementerian Keuangan sehingga operator angkutan langsung menerima ebilling PNBP melalui email dan bisa membayar langsung tanpa harus ke Kantor BPTJ,” katanya dalam keterangan resmi, Minggu (16/7).

Bambang menjelaskan tujuan pemanfaatan aplikasi perizinan berbasis online adalah Memudahkan perusahaan dalam mengajukan permohonan izin penyelenggaraan, Memudahkan perusahaan mengajukan izin operasional kendaraan, memudahkan perusahaan mengontrol status izin kendaraan yang bergabung, memudahkan pengawasan kendaraan dilapangan, mengatur ketersediaan angkutan sewa khusus sesuai dengan kebutuhan masyarakat, memutus praktek pungli di bidang perizinan angkutan jalan dan melaksanakan amanat regulasi yang mengatur angkutan sewa khusus.

Adapun jenis layanan angkutan sewa khusus yang dimuat pada aplikasi online perizinan angkutan sewa khusus ini yaitu, izin penyelenggaraan, realisasi kendaraan baru / penambahan, peremajaan kendaraan, perpanjangan izin penyelenggaraan, perpanjangan KPS, cetak ulang penyelenggaraan, cetak ulang KPS dan perubahan data perusahaan.

Selain peresmian perizinan online, pada hari yang sama juga dirangkaikan dengan peluncuran  Fleet Management System yang digunakan oleh Perum PPD (Pengangkutan Penumpang Djakarta).

System IT berbasis online juga digunakan oleh Perum PPD guna meningkatkan efektifitas kinerja Perum PPD. Sejak dulu pemerintah terus mendorong para operator untuk dapat membangun system yang baik demi efektifitas.

"Manajemen perusahaan operator bus harus baik agar mampu meningkatkan kinerja yang nantinya berimbas kepada efektivitas perusahaan,”ujar Bambang.

Bambang menegaskan, salah satu perusahaan otobus yang telah siap dengan system ini adalah perum PPD yang memanfaatkan teknologi IT berbasis online “fleet management system”. Setidaknya ada 4 hal yang disasar oleh system ini yaitu: sumber daya manusia, pemeliharaan, operasional, dan keuangan.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
Lifestyle-Native-LTE-Wifi-Calling_300x250.jpg
More Stories
telkom sigma
smartfren
kerjasama CSI
kerjasama CSI