blanja.com
telkomsel halo

Laporan langsung dari Kourou

2 jam jelang peluncuran, bahan bakar satelit T3S terus diisi

02:40:04 | 15 Feb 2017
2 jam jelang peluncuran, bahan bakar satelit T3S terus diisi
Teknisi memantau misi peluncuran satelit Telkom 3S dari fasilitas Guiana Space Center milik Arianespace, Selasa (14/2) sore waktu Kourou.(Dok)
telkomtelstra januari - maret
KOUROU (IndoTelko) - Peluncuran satelit Telkom 3S (T3S) milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) tinggal dua jam lagi dari Kourou, French Guiana pada 14 Februari 2017.

Infrastruktur yang menelan investasi US$ 215 juta (manufaktur, launcher, dan asuransi) itu akan diluncurkan dari fasilitas Guiana Space Center milik Arianespace antara 18.39 dan 20.05 waktu setempat atau 15 Februari WIB sekitar jam 04.39 WIB.

"Saat ini posisinya upperstage booster sudah penuh tapi terus diisi karena bahan bakar tersebut gas yang menguap. Sekarang tunggu waktu saja, suasana di ruang pemantauan sih santai nih," ungkap Kepala Proyek Satelit Telkom 3S Tonda Priyanto kepada IndoTelko jam 16.29 di Kourou.

Diungkapkannya, 10 menit lagi akan dilakukan cek status tracking station di masing-masing pabrik satelit. "Doakan saja semuanya lancar," tutupnya.

Sementara itu, dalam situs resmi Arianespace yang menjadi pihak peluncur dari satelit Telkom 3S hitung mundur terus dilakukan.

Di situs itu dinyatakan setelah pengisian bahan bakar, kegiatan satu jam sebelum peluncuran adalah memeriksa koneksi antara launcher dan telemetri, tracking, dan command system. Pada  menit ketujuh sebelum peluncuran dinyatakan All systems go report, dan mulai dilakukan synchronized sequence.

Sebelumnya, Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga mengungkapkan hasil rapatnya dengan CEO Arianespace adalah satelit T3S ready to launch on skedul. (Baca: Tahapan peluncuran satelit T3S)

Direktur Network, IT, & Solution Telkom, Abdus Somad Arief menambahkan pekerjaan dan pengecekan super detail telah dan masih terus akan dilakukan hingga beberapa detik sebelum akhir count down nanti sore pukul 18:39 waktu Kourou alias detik-detik dinyalakannya roket tingkat pertama.

"So far semuanya lancar jaya tidak ada anomali. Bahkan hampir semua crew Arianespace dan Thales Alenia Space yang terlibat memberikan testimony-nya bahwa proses satelit Telkom3S menuju persiapan launch ini termasuk yang paling lancar pernah diikuti dan lakukan. Semoga ini semua pertanda dari suksesnya misi satelit Telkom3S mulai dari peluncuran hingga masa operasinya nanti," pungkasnya.(dn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
hut idt 6
More Stories
iklan-web.gif
telkom sigma
kemenpar pesona indonesia
kemenpar pesona indonesia
kerjasama CSI
kerjasama CSI