blanja.com
telkomsel halo
finnet KTM

Konten Lokal Digenjot Kuasai Trafik Internet

17:25:43 | 14 Jan 2013
Konten Lokal Digenjot Kuasai Trafik Internet
Logo Klik Indonesia (Dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (indotelko) – Konten lokal terus digenjot untuk menguasai trafik internet agar jumlah devisa yang melayang keluar negeri bisa ditekan.

“Secara rata-rata setiap tahun, sedikitnya Rp 1,5 triliun devisa nasional disedot ke luar negeri. Kami memiliki perhatian untuk membesarkan konten lokal agar 10 besar peringkat Alexa dikuasai oleh situs-situs asli Indonesia,” ungkap Ketua Umum KlikIndonesia Henri K Sumartono melalui keterangan tertulisnya.
 
Untuk itulah, lanjutnya,  disadarkan kepada masyarakat bahwa konten-konten Indonesia itu tidak kalah dengan konten asing, dan juga penyadaran bahwa mengakses konten Indonesia sangat bemanfaat untuk ekonomi nasional.

KlikIndonesia adalah gerakan untuk membuat dan mengakses konten dalam negeri Indonesia. Gerakan ini digagas oleh sekumpulan komunitas dari berbagai perusahaan dan asosiasi yang peduli dengan konten lokal.  

Agenda KlikIndonesia selain melakukan pemeringkatan konten, akan menggelar workshop yang melibatkan para kreator konten Indonesia.

Sampai saat ini, sejak sebulan diluncurkan pada 121212 lalu sudah 1500 lebih situs yang mendaftarkan diri ke KlikIndonesia.or.id.

Beberapa diantaranya ada yang belum melengkapi root-nya. Aktivitas pendaftar juga mulai menggeliat, karena dari data trafik  di pemeringkatan alexa.com, KlikIndonesia saat ini masuk 500 besar. Padahal sejak dimulai, posisinya di angka 5000-an peringkat Indonesia.
 
Meluas
Lebih lanjut diungkapkannya,  pada 2 Februari 2013 mendatang akan diresmikan KlikIndonesia Korwil Jawa Timur.  
Setelah Surabaya, pada bulan yang sama akan dilakukan untuk Korwil Jawa Tengah. Gerakan di Jatim dimotori komunitas Surabaya Web Community (Suwec).

Diungkapkannya,  KlikIndonesia   mendapatkan banyak email dari berbagai perguruan tinggi di berbagai daerah Indonesia. Ada yang dari Manado, Makassar, Medan, Aceh, Pontianak dan lain-lain.

“Mereka siap berkolaborasi dengan KlikIndonesia. Bahkan diantara mereka mengkritik, konten jangan hanya digerakkan di ibukota saja tapi seluruh Indonesia,” katanya.(ak)


Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
Lifestyle-Native-LTE-Wifi-Calling_300x250.jpg
More Stories
telkom sigma
smartfren
kerjasama CSI
kerjasama CSI