blanja.com motoGP
telkomsel halo
finnet KTM

Satelit Telkom 2 akan dioptimalkan di slot 157 bujur timur

11:36:21 | 20 Apr 2017
Satelit Telkom 2 akan dioptimalkan di slot 157 bujur timur
Abdus Somad Arief (Berdiri, kedua kiri) dan tim satelit Telkom belum lama ini.(dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) merealisasikan rencananya mengoptimalkan sisa umur operasi dari satelit Telkom-2 dengan melakukan skema kerjasama kolokasi atau menyewa slot orbit milik operator lain.

“Kita kerjasama dengan operator yang mengelola slot orbit 157 E (bujur  timur) untuk optimalkan sisa umur satelit Telkom 2. Ini semacam sewa slot. Deal bisnis biasa,” ungkap Direktur Network, IT, & Solution Telkom, Abdus Somad Arief kepada IndoTelko, kemarin.

Diungkapkannya, satelit Telkom 2 mulai 10 April 2017 sudah kosong karena muatannya semua sudah ditransfer ke satelit Telkom 3S. (Baca: Optimalisasi Satelit Telkom 2)

“Sekarang posisinya menunggu persiapan teknis dan administrasi untuk drifted ke slot 157E. Perkiraan Juli nanti sudah bisa on air di 157 E dan menerima pindahan-pindahan transponder yang saat ini disewa dari satelit asing. Proyeksinya hingga kuartal pertama 2018 akan fully utilized, satelit Telkom 2 memliki umur desain hingga sampai 2020,” jelasnya.

Asal tahu  saja, Telkom-2  diluncurkan roket Ariane 5 dari Kourou di Guyana Perancis pada tanggal 16 November 2005. Cakupan satelit ini meliputi Asia Tenggara dan anak benua India. Telkom-2 bernilai sekitar US$ 170 juta tugasnya di slot 118 bujur timur digantikan oleh satelit Telkom 3S.

Alasan kehadiran satelit Telkom 3S yang baru saja dioperasikan adalah meningkatan kapasitas transponder nasional dan mengurangi ketergantungan terhadap satelit asing.

Selain itu, Telkom ingin mengoptimalkan filing slot orbit 118 bujur  timur yang tadinya diisi hanya dengan C Band menjadi optimal di 4 spektrum: C Band, extended C band, Ku Band, extended Ku band. Ini sekaligus mengamankan secara permanen kepemilikan slot itu oleh Indonesia.

Terakhir, mengembangkan layanan baru yaitu broadband satellite service karena adanya spektrum Ku Band dan Extended Ku Band. Prediksinya pada kuartal pertama 2018 semua transponder dari satelit Telkom 3 S akan fully utilized.

Sementara dalam informasi di Satbeam.com terlihat slot orbit 157E dikelola operator Intelsat yang mengoperasikan satelit Intelsat 5. Slot orbit ini memang menjangkau wilayah Indonesia dengan spektrum C band. (Baca: Satelit Telkom 3S beroperasi

Dalam bisnis satelit, mengisi satu slot dengan beberapa satelit hal yang biasa. Kuncinya, semua satelit yang dalam posisi kolokasi harus dalam kotak lebih kurang 0.05 derajat, agar dari bumi antena tidak perlu melakukan tracking.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
Lifestyle-Native-LTE-Wifi-Calling_300x250.jpg
More Stories
telkom sigma
smartfren
kerjasama CSI
kerjasama CSI