blanja
telkomsel halo
finnet KTM

Kolom Opini

Peran pemain IT di era IoT

13:51:08 | 04 Jan 2017
Peran pemain IT di era IoT
Wahyudi Chandra(dok)
telkomtelstra januari - maret
Perkembangan Internet of Things (IoT) di Indonesia sudah tidak bisa terhindarkan lagi.

Saat ini penerapan IoT di Indonesia mulai dirintis di wilayah perkotaan dengan penerapan smart city seperti di Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Selain itu beberapa sektor industri seperti agrikultur, minyak dan gas (migas), serta sektor utility juga mulai menerapkan teknologi IoT ini.

Apa artinya bagi kami?
Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi (TI) tentu saja IoT menjadi salah satu tantangan bagi kami. Multipolar Technology merupakan perusahaan system integrator terkemuka di Indonesia yang sudah berdiri sejak 1975.

Oleh sebab itu, sebagai perusahaan TI terkemuka, kami harus mengambil inisiatif dan peran penting dalam adopsi teknologi IoT ini agar terus selaras dengan perkembangan bisnis kustomer.

Bagaimana caranya?
Pertama-tama, harus diketahui bahwa perkembangan IoT sendiri sebenarnya didorong oleh integrasi tiga elemen. Yaitu elemen Sensor, elemen Connectivity (jaringan), serta elemen People and Proses.

Sensor adalah device penangkap dan penyedia informasi awal seperti suhu, kelembaban, dan sinyal-sinyal atau ukuran-ukuran lain yang dibutuhkan oleh sebuah sistem berbasis teknologi IoT.

Connectivity yaitu jaringan kabel maupun nirkabel yang bertanggung jawab sebagai penghubung antara satu perangkat dengan perangkat lainnya.

Sementara People and Process, adalah pengguna akhir. Mereka yang akan melakukan proses dan menghubungkan elemen pertama dengan elemen kedua.

Dari ketiga elemen tersebut, sebagai sebuah perusahaan sistem integrator, Multipolar Technology fokus pada penyediaan solusi di elemen Connectivity (jaringan) serta People and Process.

Misalnya, kami menyediakan solusi Business Process Management (BPM), API Management dan solusi Analytics.

Ketiga elemen sebagaimana tersebut di atas secara tidak langsung akan mendorong perkembangan big data yang menampung dan memroses berbagai data yang berasal dari tiga elemen tersebut.

Perkembangan big data akan membutuhkan dukungan infrastruktur seperti jaringan, server, storage yang sangat besar.

PT Graha Teknologi Nusantara (GTN), anak usaha Multipolar Technology, sebagai perusahaan yang fokus pada layanan pengelolaan dan pengoperasian Data Center akan mendukung kebutuhan perkembangan IoT di Indonesia dari sisi penyediaan infrastruktur untuk big data.

Menurut kami, big data dengan semua kebutuhan komputasi dan fasilitas penyimpanan, mendorong pengembangan perangkat penyimpanan dan jaringan serta cara-cara pemenuhan kebutuhannya yang terus meningkat.

Kapasitas, akses, skalabilitas, sekuriti, fleksibilitas adalah aspek-aspek pengelolaan data yang perlu diperhatikan secara serius yang semuanya berdampak pada biaya.

Kebutuhan-kebutuhan tersebut dapat dipenuhi secara efesien dengan adanya layanan data center seperti yang ditawarkan oleh GTN.

Sedangkan anak usaha PT Visionet Data Internasional (VDI) yang berfokus pada Business Process Managed (BPM) Service akan berperan penting dalam pengelolaan data dan infrastruktur IoT.

Namun, sebagai penyedia layanan Data Center baru, saat ini belum ada permintaan khusus kepada GTN untuk penyediaan infrastruktur pendukung IoT.

Salah satu perhatian khusus kami akan adopsi IoT ini adalah masalah keamanan. Kami memiliki solusi-solusi keamanan yang dapat diimplementasikan pada perusahaan-perusahaan di Indonesia baik secara on-premise maupun managed service.

Multipolar Technology sebagai system integrator akan mengimplementasikan perangkat-perangkat keamanan yang dibutuhkan pada premise perusahaan, dan pengelolaan keamanan sehari-hari dapat dilayani oleh anak usaha kami, VDI.

Bagi kami, saat ini memang penerimaan IoT belum bisa dijabarkan secara spesifik. Sebab saat ini target penerimaan perusahaan memang tidak secara spesifik berdasarkan solusi tertentu, tetapi berdasarkan target industri misalnya sektor keuangan, telekomunikasi, dan lain-lain.

Detil solusi dikelompokkan secara umum seperti server, storage, dan jaringan, tetapi bukan untuk keperluan khusus seperti adopsi IoT.  Tetapi, secara umum adopsi IoT sudah dilakukan perusahaan.

Saat ini Multipolar Technology sedang merencanakan untuk memperbesar porsi investasi dan pendapatan dari adopsi IoT pada 2017.

Kami memandang penting proyek-proyek IoT seperi proyek smart city. Menurut kami, Smart city di Indonesia akan terus berkembang, baik yang diterapkan oleh pemerintah sebagai sarana untuk meningkatkan layanan publik seperti di Jakarta, Bandung, dan Surabaya, maupun dikembangakan oleh pihak swasta di kawasan-kawasan perumahan baru dan kawasan industri.

Sebagai system integrator, Multipolar Technology berperan dalam penyediaan solusi jaringan, BPM dan API Management. Selain itu, melalui VDI, saat ini kami juga sedang mengembangkan solusi smart city yang akan memenuhi kebutuhan penyediaan layanan di kawasan perumahan.(*)

Ditulis oleh Wahyudi Chandra, Presiden Direktur Multipolar Technology.

Artikel ini juga dipublikasikan di Buku All About IoT yang diterbitkan IndoTelko.com bersama Indonesia IoT Forum

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
Minima-WiFi-Access-Point.jpg
More Stories
telkom sigma