blanja.com
telkomsel halo

Pemerintah akan buka lelang layanan satelit HTS

10:40:10 | 01 Mar 2017
Pemerintah akan buka lelang layanan satelit HTS
Satelit di ruang uji coba milik pabrik Thales Alenia Space di Cannes (dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Pemerintah berencana akan membuka lelang pengadaan layanan satelit High Throughput Satellite (HTS) pada pertengahan tahun 2017.

“Lelang akan dilakukan oleh Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) tahun ini. Kan sudah masuk dalam perencanaan strategis. Nilainya sekitar US$ 300 juta hingga US$ 400 juta, soalnya ini satelit HTS,” ungkap Menkominfo Rudiantara, kemarin.

Setelah tender rampung, Rudiantara berharap kontraknya akan diteken pada tahun 2018 dan mencapai financial closing pada tahun yang sama. Harapannya, 2021 satelit tersebut mengangkasa.

Satelit HTS adalah sebuah sistem satelit yang dapat memberikan nilai throughput yang lebih besar dibandingkan dengan sistem satelit konvensional, broadcast, dan mobile satelit (FSS, BSS, dan MSS).  

Keuntungan dari penggunaan HTS platform adalah dapat memperluas pasar geografis dengan memberikan layanan broadband di semua daerah  dan dapat melayani untuk aplikasi terestrial dengan kulitas yang baik.

Jika saat ini kapasitas maksimal Throughput adalah 155 Mbps, melalui teknologi High Throughput Satellite, kecepatan akses data bisa mencapai 100Gbits. Implementasi sistem High Throughput Satellite  dapat diterapkan pada semua jenis transponder, seperti Ka-Band, Ku-Band, dan C-Band.

“Kita yang perhatikan di tender itu nantinya adalah masalah Service Level Agreement (SLA) dan Total Cost Ownership (TCO), berapa dikeluarkan per megabyte. Soal manufaktur, launcher, atau stasiun bumi itu faktor teknis di lelang,” ungkapnya.

Dikatakannya, pemerintah membutuhkan layanan satelit untuk konektifitas bagi beberapa kementrian. Misalnya, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang memiliki 300 ribu sekolah atau Kementrian Kesehatan dengan 9 ribuan Puskesmas. “Itu banyak di remote area. Satelit HTS adalah solusi yang tepat untuk akses broadband-nya,” tutupnya.

Asal tahu saja,  PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) juga akan meluncurkan satelit HTS pada 2018. Satelit PSN VI akan menempati slot orbit 146⁰ Bujur Timur. Peluncuran PSN 6 dilakukan di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat. Satelit dengan bobot 2,5 ton itu akan mengangkut hingga 56 transponder. Space Systems / Loral (SSL) adalah manufaktur dari satelit ini. (Baca: Satelit UniSat)

PT Universal Satelit Indonesia (UniSat) juga akan meluncurkan satelit HTS pada 2020 yang akan menempati slot orbit 103 Bujur Timur. (Baca: Skema Palapa Ring)

Jika melihat rencana tender yang akan dibuat untuk pengadaan layanan satelit oleh pemerintah, sepertinya akan mirip dengan Palapa Ring yang menawarkan skema avalability payment (AP) diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 190/PMK.08/2015 dimanapembayaran secara berkala selama masa konsesi berdasarkan pada ketersediaan layanan infrastruktur yang telah dibangun oleh badan usaha.(dn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
hut idt 6
More Stories
telkom sigma
kerjasama CSI
kerjasama CSI