blanja.com
telkomsel halo

Pemerintah Jangan Tunda Lagi Tender 3G

09:59:51 | 31 Mar 2016
Pemerintah Jangan Tunda Lagi Tender 3G
Muhammad Danny Buldansyah (dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Pemerintah diharapkan tak menunda lagi tender frekuensi 3G agar suasana kondusif dan efisien terjadi di industri seluler nasional.

“Harapan saya tender dua blok 3G yang tersisa di 2,1 GHz bisa direalisasikan tahun ini. Jangan ditunda lagi. Kalau tidak, bisa menjadi bola liar nanti,” kata Wakil Direktur Utama Tri Indonesia Muhammad Danny Buldansyah, kemarin.

Menurutnya, jika pemerintah merealisasikan tender 3G, maka operator dan negara diuntungkan. Operator pemenang bisa meningkatkan kapasitas untuk melayani pelanggan agar lebih berkualitas. Negara diuntungkan karena adanya tambahan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

“Operator perlu tambahan frekuensi untuk mendukung semangat  efisiensi yang didengungkan pemerintah. Kami di Tri Indonesia terus terang sudah optimalkan alokasi yang diberikan dan butuh tambahan,” tegasnya.

Diharapkannya, jika nanti tender digelar, pemerintah tak hanya mempertimbangkan dari  sisi penawaran harga tetapi melihat dengan obyektif kondisi di lapangan dalam melayani pelanggan dan memanfaatkan frekuensi.

“Kami memiliki frekuensi selebar 10 Mhz di 1800 Mhz dan 10 Mhz di 2100 Mhz, namun jaringan Tri setiap harinya menghantar 1200-1300 Terabyte/hari atau sekitar 40.000 Tb/ bulan. Artinya 1/3 dari trafik industri ada di jaringan Tri,” katanya.

Diungkapkannya, dengan kehadiran layanan 4G di Tri, maka trafik bisa makin eksponensial. “Kita alokasikan di beberapa kota 5 MHz untuk 4G. kalau kondisi seperti ini, hanya mampu dua tahun layani pelanggan 4G. Karena itu kita harapkan ada tambahan frekuensi,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, dalam perburuan dua blok frekuensi 3G, Tri Indonesia akan bertarung dengan XL Axiata, Indosat Ooredoo, dan Telkomsel. (Baca juga: Pertarungan Tender 3G)

Tender 3G ini sudah tertunda sejak tahun lalu dengan alasan teknis dan non teknis.(id)    

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
hut idt 6
More Stories
telkom sigma
kerjasama CSI
kerjasama CSI