blanja.com
telkomsel halo

Net1 Indonesia gandeng INTI untuk garap IoT

10:35:42 | 09 Aug 2017
Net1 Indonesia gandeng INTI untuk garap IoT
Darman Mappangara (kanan) dan Larry Ridwan (dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI) sebagai pemilik merek dagangan Net1 Indonesia menjalin kerja sama dengan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau INTI untuk penyediaan perangkat 4G.

"Kita gandeng INTI untuk pengembangan devices dan Internet of Things (IoT). INTI kan selama ini dikenal jago mengembangkan devices dan punya visi untuk IoT juga," ungkap CEO Sampoerna Telekomunikasi Indonesia Larry Ridwan dalam pesan singkatnya ke IndoTelko, Rabu (9/8).

Seperti diketahui, STI dengan nama merek dagang Net1 Indonesia mengusung teknologi 4G LTE menggunakan frekuensi 450 MHz.

STI meyakini jaringan 4G LTE 450MHz cocok untuk digunakan di negara kepulauan seperti Indonesia. Jaringan Net1 Indonesia diharapkan bisa menyediakan jangkauan yang luas bagi 260 juta penduduk Indonesia di lebih dari 14.000 pulau. (Baca: Net1 Indonesia)

Dalam kerja sama ini, INTI akan memproduksi perangkat yang mendukung frekuensi 450Mhz yang akan dipasarkan dalam bisnisnya setelah diintergrasikan dengan layanan Net1 Indonesia. Perangkat yang dimaksud adalah perangkat yang sudah dipasarkan maupun yang akan datang.

INTI memiliki kemampuan untuk memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang ditetapkan oleh pemerintah. Sesuai dengan Peraturan Menkominfo, sampai dengan Januari 2017, TKDN yang harus dipenuhi oleh para Vendor Pembuat Alat dan Perangkat Telekomunikasi adalah 20% bagi Subscriber Station (SS) dan 30% bagi Base Station (BS).

“Kami meyakini MoU ini akan membawa business opportunity yang semakin menjanjikan bagi Net1 Indonesia dan  INTI, terutama nanti di segmen enterprise,” tuturnya.

“Kami merasa bangga dipercaya oleh Sampoerna Telekomunikasi Indonesia untuk memproduksi perangkat 4G LTE yang mendukung frekuensi 450Mhz untuk layanan Net1, kerja sama ini merupakan sebuah langkah besar untuk mendorong perkembangan ekosistem IoT di Indonesia sehingga bisa memajukan industri dalam negeri secara  keseluruhan,” ujar CEO PT INTI Darman Mappangara.(wn) 

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
Lifestyle-IMS-Core-Android_300x250_okt.jpg
More Stories
telkom sigma
kerjasama CSI
kerjasama CSI