blanja-tcash
telkomsel halo
finnet KTM

Kolom Opini

Menjadi mitra IoT bagi Indonesia

08:55:30 | 23 Dec 2016
Menjadi mitra IoT bagi Indonesia
Thomas Jull(dok)
telkomtelstra januari - maret
Menyadari bahwa pasar utama layanan telekomunikasi pada semua operators cenderung data, Internet of Things ( IoT) akan menawarkan sebuah potensi pendapatan baru untuk operator dan memberikan kesempatan baru dalam peranannya di pasar vertikal, seperti otomotif, pelayanan kesehatan dan smart cities.

Tantangan terbesar yang akan dihadapi oleh operator untuk berperan dalam IoT adalah connectivity  yang menjadi fundamental untuk memulai peranan di IoT. Selain itu, operator juga mulai mencari peran dimana dan bagaimana mereka harus berperan di IoT.

Berdasarkan studi terbaru yang dilakukan oleh ConsumerLab, Ericsson Mobility Report, diprediksi bahwa pada tahun 2021 akan terdapat 16 miliar IoT yang terhubung di seluruh dunia. Ericsson memprediksikan beberapa faktor pendorong pertumbuhan IoT, yaitu teknologi, bisnis dan Industri.

Dari sisi teknologi, kecanggihan teknologi cloud, software analytics, artificial intelligence, serta 5G teknologi akan mendorong pertumbuhan IoT. Sedangkan dari sudut pandang bisnis, pendorong pertumbuhan IOT adalah pertumbuhan pendapatan, munculnya layanan baru dan customization. Dan dari sisi industry, otomasi, optimisasi sumber daya dan user experience serta layanan baru, kompetisi untuk bersaing di era Networked Society merupakan pendorong pertumbuhan IoT yang sangat besar.

Bagi operator telekomunikasi dan industry, untuk memulai layanan IoT akan menemukan tiga tantangan utama, yaitu:
1. Scalability - Bagaimana membuat IoT bisnis dan sistem yang mereka miliki dapat mengakomodasi pertumbuhan ke depannya.
2. Security – Bagaimana memastikan keamanan dan melindungi aset IoT mereka, mengingat setiap perangkat baru yang terhubung memiliki kelemahan masing-masing,
3. Standards - Bagaimana membangun sistem yang terbuka dan saling keterkaitan sehingga terus memperkuat terbentuknya ekosistem.

Ericsson merupakan partner yang tepat untuk transformasi IoT, baik untuk operator telekomunikasi maupun industri.

Ericsson sudah terbukti menjadi salah satu penyedia ICT global yang memiliki kapabilitas mencakup connectivity, platforms, analytics dan services. Selain itu, Ericsson berkomitmen untuk terus mengembangkan ekosistem dan stardard di seluruh aktivitas bisnisnya.

Ericsson unggul dalam Connectivity melebihi para pemain lainnya – yang mana merupakan hal utama dalam IoT – Hingga saat ini, lebih dari 40 % trafik selular di dunia melalui perangkat jaringan Ericsson dan Ericsson mengelola 1 Milyar subscribers di seluruh dunia.

Keunggulan lain, sebagai pendukung layanan IoT yang dimiliki oleh Ericsson yaitu secure Cloud-based platform, meliputi connectivity, enablement, monetisasi dan aplikasi. Ericsson analytics memiliki keunggulan mengidentifikasi data yang relevan dan memberikan deep insight sehingga menjadikan IoT sebagai pendorong bisnis sebuah perusahaan.

Yang terakhir, Ericsson menyediakan layanan (as- a service) yang dapat mengaitkan seluruh system IoT, dari mulai system design dan integrasi dan app development, hingga strategi untuk mendapatkan pasar yang tepat. Ericsson dapat memberikan seluruh kapabilitas tersebut sebagai sebuah layanan dengan resiko yang rendah, harga yang bersaing dan time-to-market yang lebih cepat.

Memberikan Nilai Tambah
Ericsson akan memberikan nilai tambah untuk pelanggan Ericsson dalam setiap IoT value chain dengan cara menyediakan connectivity, enabling, commercializing dan efficient IoT.

Connectivity IoT – Ericsson memberikan pelayanan menghubungkan dan memelihara sejumlah besar perangkat IoT dengan tingkat keamanan yang terjamin, reliable dan sangat cost efficient, yakni dengan menggunakan platform management yang terdepan untuk industry, seperti halnya solusi radio akses yang terdepan dan core networks nya yang merupakan pelopor layanan teknologi 5G.

Enabling IoT – Infrastruktur berbasis cloud yang dimiliki Ericsson memiliki tingkat keamanan yang terjamin, reliable dan horizontal cloud-based enablement serta platform monetization akan membantu pelanggan Ericsson untuk meningkatkan value chain layanan IoT mereka melalui penggunaan insights berbasis analytics, fleksibilitas dan terkendali.

Commercialization IoT- Kombinasi antara connectivity dan enablement dari kapabilitas layanan Ericsson dan ekosistem akan mempercepat pemasaran suatu produk yang dimiliki operator dan industry. Ericsson IoT Transformation service akan mempercepat operator IoT time-to-market dan menumbuhkan sumber pendapatan baru. Ericsson I0T Accelerator membantu industry mengembangkan aplikasi berbasis IoT secara cepat dan dengan harga yang efektif.

Efficient IOT – Solusi IOT yang lengkap dari Ericsson dilengkapi oleh cross-industry framework dan deep vertical industry expertise sehingga akan membantu operator dan industry mencapai efisiensi pada operasionalnya dan melakukan differensiasi produk-produknya, serta memberikan user experience yang baru kepada pelanggannya sehingga membentuk daya saing yang kuat.

Ericsson solusi As-a service, berfokus pada area public safety, transportasi dan pelanggan smart cities, yang akan memberikan solusi cepat dan efisien pada saat membangun dan instalasi solusi IoT.

Partisipasi Ericsson pada ajang Industrial Technology bergengsi di Hannover Messe, memperkenalkan IoT Accelerator. IoT Accelerator merupakan kombinasi horizontal, platform IoT dengan berbagai kelebihan menggunakan layanan Ericsson dan marketplace dimana semua pelanggan dari berbagai sector industry seperti public safety, utilities, transportasi dan smart cities dapat saling terhubung satu sama lain dan dapat memonetisasi solusi yang mereka miliki.

IoT Accelerator akan ditawarkan sebagai suatu layanan (As-a-service) yang merupakan solusi tepat dari sisi harga dan tingkat kerumitan, kecepatan untuk membangun dan instalasi sebuah solusi IoT baru.

Kemampuan dan posisi Ericsson di IoT sangat relevan bagi para telko operator dan industry konsumen, ini membuat Ericsson menjadi penghubung yang sangat tepat/natural untuk menghubungkan kedua sektor ini dan mempercepat pertumbuhan IoT di Indonesia.(*)

Ditulis oleh Head Of Ericsson Indonesia dan Timor Leste Thomas Jull

Artikel ini juga dipublikasikan di Buku All About IoT yang diterbitkan IndoTelko.com bersama Indonesia IoT Forum

Artikel Terkait
loading...
Rekomendasi
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma
indihome