blanja
telkomsel halo
finnet KTM

Kolom Opini

Resep Lenovo bermain di segmen UKM

11:31:34 | 11 Nov 2016
Resep Lenovo bermain di segmen UKM
ilustrasi
telkomtelstra januari - maret
Perusahaan-perusahaan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia semakin bergantung pada infrastruktur IT untuk kelangsungan bisnisnya, baik itu berupa sistem komputer di perusahaan, ataupun data center untuk keperluan cloud dan analytics.

Untuk memenuhi semua kebutuhan pasar bisnis, mulai dari skala kecil, menengah hingga besar, Lenovo terus meningkatkan keragaman portofolio produknya, mulai dari perangkat mobile hingga server, software dan service.

Dalam pasar perangkat PC untuk komputasi bisnis, saat ini Lenovo berada di peringkat 1 untuk penjualan PC di kuartal I (Q1) untuk wilayah Asia Pasifik dengan mencatat penjualan tertinggi 19,4% (peningkatan dari tahun ke tahun sebesar 1,3 point), sehingga lebih dari 10 kuartal berturut-turut

Lenovo bertahan di peringkat 1. Pada Q1FY1617 Lenovo menduduki peringkat pertama dengan market share sebesar 29.2% pada pasar PC secara keseluruhan sementara untuk pasar PC untuk segmen SMB, Lenovo tetap berada di posisi pertama selama 14 quarter berturut-turut.

Di pasar Data Center, pangsa pasar Lenovo bertumbuh dari tahun ke tahun (YTY) sebesar 8,1% di kuartal I. Lenovo memfokuskan strateginya untuk menjadi perusahaan IT ‘baru’ untuk pelanggannya, yang tidak terbebani oleh pemikiran lama atau teknologi-teknologi tradisional.

Lenovo juga mencanangkan komitmen tinggi untuk mengembangkan portofolio data center terbaik di dunia, yang didukung oleh inovasi-inovasi unik dan kemitraan strategis dengan para pemimpin IT termutakhir. Di Indonesia sendiri, selama total 5 Quarter (Q1F1516 – Q1FY1617) Lenovo menduduki peringkat ke-2 dengan market share 19,4%.

Lenovo juga melihat bahwa di Indonesia khususnya, banyak sekali perusahaan skala kecil dan menengah, terutama perusahaan startup dan UKM yang sedang bertumbuh beberapa waktu belakangan ini.

Untuk segmen startup dan UKM, Lenovo mendukung penuh dengan memberikan edukasi, workshop dan roadshow untuk edukasi dan juga membimbing mereka untuk memasuki dunia digital. Dalam melakukan berbagai aktivitas ini, Lenovo menjalin kerjasama dengan mitra lokal di masing-masing daerah.

Kemitraan  
Lenovo sebagai penyedia perangkat keras teknologi, menjalin kemitraan dengan merek-merek software terkemuka seperti Juniper, Nutanix dan Red Hat; kemitraan tersebut dibentuk dengan tujuan untuk menyediakan solusi-solusi lengkap dan terbaik bagi pelanggan untuk semua aspek yang dibutuhkan oleh data center. Berikut ini adalah daftar kemitraan yang sudah dijalin oleh Lenovo dengan penyedia solusi teknologi lainnya selama beberapa tahun terakhir:

a. Nutanix
Kerjasama dengan Nutanix memungkinkan pelanggan Lenovo memanfaatkan teknologi hyperconverge yang mampu menurunkan biaya dan meningkatkan value dari insfrastruktur IT mereka. Permintaan pasar terhadap teknologi hyperconverged sendiri terus bertumbuh dan diprediksi mencapai 60% di 2019. Lenovo memiliki Lenovo Converged HX Series appliance yang disokong software Nutanix dan diluncurkan pada tahun 2015.

b. Juniper
Lenovo berkolaborasi dengan Juniper dalam teknologi Software Defined Data Centre (SDDC). Dengan mengkombinasikan kepemimpinan Lenovo dalam server x86 dengan keahlian Juniper Networks dalam hal jaringan, Lenovo berharap mampu memberikan infrastruktur yang lebih mudah dikelola dan terukur untuk Data Center.

c. SAP
Kemitraan strategis Lenovo dengan SAP yang mengkombinasikan infrastruktur IT Lenovo dengan solusi software SAP, mentransformasikan perusahaan yang menggunakan solusi ini menjadi digital enterprise dan menciptakan value dalam ekonomi digital. Aliansi ini mencakup pengembangan solusi cloud inovatif dan SAP HANA appliance generasi lanjut.

d. Red Hat
Lenovo dan Red Hat membangun ekosistem yang terbuka dan fleksibel untuk bisa diintegrasikan dengan mudah pada infrastruktur yang sudah ada. Server, storage dan networking Lenovo yang dikombinasikan dengan software Red Hat memberikan platform cloud yang kompetitif dan efisien. Lenovo dan Red Hat menyediakan hardware x86 yang paling andal di kelasnya.

Untuk pasar korporat, tentu saja kebutuhannya akan berbeda-beda, oleh karena itu Lenovo tidak hanya menyediakan perangkat keras, tapi juga memiliki jenis layanan ‘Solutions’ yang mampu memberi solusi bagi berbagai tantangan spesifik yang dihadapi oleh calon pelanggan Lenovo, misalnya bila mereka mau menerapkan High Performance Computing, Analytics, Big Data, dan lain sebagainya.

Untuk memusatkan dan menyederhanakan kendali berbagai sistem dan infrastruktur yang berbeda, Lenovo juga punya sistem manajemen IT yang mudah dan tersedia secara gratis, yaitu Lenovo XClarity, yang sudah langsung tersedia untuk berbagai produk data center Lenovo, ataupun berupa solusi yang diterapkan secara terpisah.(*)

Ditulis oleh Cin Cin Go, Commercial Director, Lenovo Indonesia

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Lifestyle-Roaming-Costs-v2.jpg
More Stories
telkom sigma
smartfren