blanja.com
telkomsel halo

Kominfo rilis peta jalan untuk lindungi anak di dunia maya

10:01:01 | 26 Aug 2017
Kominfo rilis peta jalan untuk lindungi anak di dunia maya
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) merilis 'Peta Jalan (Sebuah Pengantar): Perlindungan Anak Indonesia di Internet'.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengungkapkan  peta jalan dikeluarkan dilandasi oleh literasi digital anak Indonesia yang sudah begitu aktif dipengaruhi oleh internet atau dikenal sebagai anak muda digital native, menjadikan anak dan remaja sangat aktif mengakses internet dan konten-kontennya.

“Namun, internet juga memiliki dampak negatif. Konten-konten yang melanggar hukum, seperti pornografi dan radikalisme, serta perilaku pengguna internet yang melanggar kesusilaan, mulai dari perundungan (bully) ataupun pedofilia, menjadi ancaman tersendiri bagi generasi muda Indonesia,” katanya seperti disiarkan laman Kominfo.

Dalam penyusunan Peta Jalan ini, Kemenkominfo bekerjasama dengan sejumlah komunitas internet sehat, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Kemdikbud, Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (KPPA), UNICEF, ICT Watch, Puskakom UI, Indonesia Internet Governance Forum (ID-IGF), dan komunitas peduli anak, seperti Indonesia Child Online Protection (ID-COP).

Peta Jalan ini memang masih berupa pengantar. Penyusunan Peta Jalan yang lebih komprehensif diharapkan selesai pada tahun depan. Diharapkan, Peta Jalan dapat menjadi panduan untuk berbagai stakeholders, baik dari pemerintah maupun komunitas, dalam melakukan kampanye atau upaya edukasi dan literasi pemanfaatan internet untuk anak-anak. Selain itu, keberadaan dokumen Peta Jalan ini dapat mensinergikan upaya dari komunitas dan pemerintah untuk melindungi anak-anak dari dampak negatif internet.  

Berdasarkan kajian Proyeksi Penduduk Indonesia 2010 – 2035 yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan Badan Perencanaan Pembangungan Nasional (Bappenas) yang memberikan estimasi jumlah penduduk Indonesia yang berusia antara 10 – 19 tahun sebanyak 45 juta jiwa, atau sekitar 19,3%  dari total penduduk Indonesia.

Adapun Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memberikan data bahwa 75,5%  penduduk Indonesia yang berusia 10 – 24 tahun, atau sekitar 24,4 juta anak muda, adalah pengguna Internet. Jumlah keberadaan mereka menyumbang tak kurang dari 18,4%  total pengguna Internet Indonesia yang berjumlah 132,7 juta jiwa saat ini.

“Naskah Peta Jalan ini bukanlah hal yang sudah selesai begitu saja. Di era digital, dimana perubahan adalah keniscayaan dan dapat datang seketika, naskah ini perlu terus kita perbaiki dan lengkapi. Naskah Peta Jalan ini hendaknya diposisikan sebagai pengantar bagi seluruh multistakeholder Indonesia untuk dapat mulai merumuskan dan melakukan sesuatu bersama, membangun literasi digital di Indonesia,” ujar Semmy.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
hut idt 6
More Stories
iklan-web.gif
telkom sigma
kemenpar pesona indonesia
kemenpar pesona indonesia