blanja.com
telkomsel halo

Pemasaran cross-screen bisa tingkatkan jumlah penonton TV

12:37:04 | 18 Apr 2017
Pemasaran cross-screen bisa tingkatkan jumlah penonton TV
Tampilan UC News yang mendukung siaran Indonesia Keren 2 dari ANTV (dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Semakin banyaknya penggunaan telepon genggam dan akses internet yang lebih mudah di Indonesia, menjadikan TV tidak lagi menjadi satu-satunya sarana hiburan.

Justru, keterlibatan layar-kedua, yaitu perangkat genggam seperti telefon seluler, laptop, tablet atau komputer desktop yang digunakan selama menikmati tayangan acara TV, kemungkinan akan membantu tayangan acara TV tersebut untuk mendapatkan lebih banyak penonton dan mempertahankan kehangatan topik-topik yang didiskusikan pada tayangan  tersebut.

Baru-baru ini, program televisi “Indonesia Keren 2” di ANTV telah menunjukkan bahwa penjangkauan pemirsa yang lebih luas dan keterlibatan pemirsa untuk tayangan acara TV untuk pertama kalinya dapat dilakukan dengan menggunakan sarana digital dalam pemasaran konten lintas-layar (cross-screen).

Hal ini telah dibuktikan dengan UC News, yang berfungsi sebagai sarana promosi digital yang ekslusif untuk tayangan acara ini, dan telah berkontribusi untuk meningkatkan penonton  sebanyak lebih dari 12 kali lipat dari kesan TVR yang telah dikonversi, dan memungkinkan keterlibatan pemirsa dalam waktu nyata yang mencapai 20 komentar per detik.

Menurut pengamatan UC News, aktivitas yang melibatkan pemirsa dalam waktu nyata yang didasari oleh html5 dalam aplikasi, melihat adanya sekitar 300,000 pengguna aplikasi dalam waktu satu jam setelah tayangan acara disiarkan langsung pada pukul 18:00 WIB pada 24 Maret.

Bagian komentar langsung dimana para pengguna dapat berinteraksi secara langsung dengan dua selebriti Shaheer Sheikh dan Celine Evangelista dan memiliki kesempatan untuk melihat komentar mereka diperlihatkan secara langsung pada tayangan acara, merupakan hal yang pertama di Indonesia, yang menciptakan sensasi di antara para pengguna dan berhasil mendapatkan lebih dari 100,000 komentar selama kurang dari satu jam selama prime time.

Pada akhirnya, lebih dari 447,000 komentar secara keseluruhan dihasilkan selama tayangan acara. Kampanye yang berdasarkan html5 yang juga sangat menarik ini telah menawarkan cara yang baru dan efisien untuk pemirsa agar mereka dapat terhubung dengan acara yang ditayangkan, dan diperkirakan telah mencakup – dalam rentang luas – para penonton potensial yang kemungkinan tidak akan dapat menyaksikan tayangannya secara langsung pada TV.

Selain kampanye dalam aplikasi ini, kampanye media sosial bertema dalam acara “Indonesia Keren 2” yang diluncurkan oleh UC News juga diyakini telah memfasilitasi; tidak hanya komunikasi dua arah antara pemirsa dan TV, serta pencakupan penonton potensial yang luas, tetapi juga perbincangan yang berlanjut dan terukur kepada para pemirsa dengan konten yang menarik.

Post media sosial UC News mengenai tayangan acara tersebut pertama kali terlihat pada 20 Maret, di hari yang sama ketika kerjasama antara dua pihak diumumkan pada konferensi pers We-Media Reward Plan 2.0 oleh UC News, sebagai pendahuluan dari pengumuman resmi dari ANTV pada tanggal 21 Maret.

Dengan permulaan yang lebih awal, tagar #ANTVdiUCNews berlangsung hingga 30 Maret, dua hari sebelum tayangan ulang acara tersebut, menghasilkan lebih dari 70 juta impression di Facebook dan juga Twitter, lebih dari 12 kali lipat impression yang didapatkan dari kombinasi impression yang didapatkan pada saat program disiarkan secara langsung dan saat diulang.

“Hasilnya sangat menakjubkan. Ini merupakan pertama kalinya bagi kami untuk meluncurkan kampanye pemasaran konten yang mendalam seperti ini bersama dengan UC News untuk mempromosikan acara ulang tahun kami,” jelas General Manager Marketing Communication, ANTV Monica Desideria, dalam keterangan tertulis, Selasa (18/4).

Dikatakannya, pada zaman digital dimana penggunaan TVR dari segala macam program telah menurun tanpa bisa dicegah, ‘Indonesia Keren 2’ telah sukses untuk meningkatkan jumlah pemirsa sebanyak 16% dalam kerjasama yang baru, dibandingkan dengan jumlah penonton pada tahun 2015.

"Dan yang lebih penting adalah, kami tidak pernah mengkombinasikan waktu siaran real-time dan keterlibatan yang berlanjut dengan para penonton sebelumnya hingga saat ini. Kampanye-kampanye yang sudah terlaksana dalam UC News dan yang juga sudah dilakukan di media sosial telah merevolusi pengertian kami terhadap sarana digital – mereka tidak mensabotase media tradisional dan juga tidak sekedar membawa “angin segar” untuk televisi; malah, mereka membantu kami untuk menemukan cara baru dalam menjangkau dan melibatkan para penonton," ulasnya.

Menurutnya, hal ini membenarkan opini bahwa jika tidak ada siapapun yang membicarakan tentang tayangan acara secara online, maka mereka kemungkinan tidak akan juga membicarakan tayangan itu secara offline. "Kami menanti kolaborasi kampanye pemasaran selanjutnya yang ditenagai oleh kemampuan pemasaran UC News dan didasari oleh pengguna untuk promosi konten yang lebih komprehensif serta keterlibatan penonton,” katanya.

“Kami melihat potensi yang tinggi dalam perkembangan promosi konten untuk hiburan melalui kanal digital, khususnya sarana perangkat genggam di Indonesia,” terang General Manager, UCWeb Indonesia, Alibaba Mobile Business Group Donald RU.

Diharapkannya, sebagai perusahaan teknologi dengan sarana distribusi konten yaitu UC News, dapat memfasilitasi penciptaan konten yang lebih baik bagi para mitra di Indonesia.

"Kerjasama dengan ANTV dalam promosi lintas layar untuk ‘Indonesia Keren 2’ merupakan sebuah permulaan yang sukses untuk kedua belah pihak. Kami sangat bersemangat karena kami juga telah membantu kesuksesan dalam ranah pencaharian ANTV di Google dalam 30 hari terakhir, dan performa tersebut memberikan manfaat timbal balik yang baik. Kamipun melihat adanya kenaikan pada posisi aplikasi UC News di Google Play yang saat ini menduduki daftar teratas untuk kategori aplikasi cuma-cuma; menduduki peringkat kedua sejak 23 Maret," pungkasnya.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
Lifestyle-IMS-Core-Android_300x250_okt.jpg
More Stories
telkom sigma
kerjasama CSI
kerjasama CSI