blanja.com
telkomsel halo

XL Terus Tempel Ketat Telkom di Pasar UKM

07:22:18 | 22 May 2015
XL Terus Tempel Ketat Telkom di Pasar UKM
Yessie D. Yosetya (dok)
telkomtelstra januari - maret
BANDUNG (IndoTelko) –  PT XL Axiata Tbk (XL) terus menempel ketat aksi Telkom di pasar solusi Teknologi Informasi (TI) untuk Usaha Kecil dan Menangah.

Ibarat dua klub sepak bola yang tengah saling salip menuju puncak klasemen, aksi pemasaran kedua operator ini di pasar UKM kian panas.

Jika Telkom tengah getol mengenalkan program Bina Aspirasi untk Gerakan sejuta UKM di Seluruh Indonesia (BAGUS Indonesia), XL tak mau kalah dengan layanan  “SME Goes Mobile” yang menawarkan manfaat promosi yang terintegrasi secara mudah, efektif, dan efisien dalam hal tarif.

Layanan yang sudah dirintis sejak 2013 lalu ini, terus XL tingkatkan nilai manfaatnya dengan menambah sejumlah fasilitas yang disesuaikan dengan kebutuhan kalangan pelaku usaha kecil menengah di Indonesia.

“Layanan ini dilahirkan pada Agustus 2013 seiring dengan meningkatnya kebutuhan promosi yang “terjangkau dan mudah serta tepat sasaran” dari kalangan UKM. Mengapa? Karena media promosi yang ada pada waktu itu didominasi oleh media tradisional dan online dengan biaya yang relatif mahal dan jauh dari jangkauan UKM. Melalui layanan “SME Goes Mobile” ini kami memberikan dukungan bagi para pelaku UKM mendapatkan akses ke ruang dan media berpromosi melalui kanal digital yang terintegrasi, terjangkau serta tepat sasaran,” ulas Chief Digital Service Officer XL, Yessie D. Yosetya, kemarin.

Ditambahkannya,  saat ini XL terus meningkatkan manfaat layanan tersebut, diantaranya dengan menambah layanan baru untuk beriklan, yaitu melalui kanal digital banner dan website (situs) berbasis komputasi awan, serta akses ke layanan mobile commerce.

Ini menjadikan UKM bisa membuat situs atau website usaha mereka sendiri dengan mudah, dengan biaya yang terjangkau serta mendapatkan akses di e-commerce sebagai penjual di Elevenia.

Sebelumnya, program SME Goes Mobile telah menyediakan sarana dan ruang iklan digital (mobile advertising) melalui layanan berbasis LBA (Location Based Advertising) dengan memanfaatkan SMS maupun MMS.

Para pelaku UKM bisa mengikuti program SME Goes Mobile dengan membeli paket yang ada tanpa harus menjadi pelanggan XL. Selain itu, XL juga bekerja sama dengan para reseller dan mitra kerja di daerah dalam menawarkan program ini. UKM juga bisa langsung memesan dan membeli layanan melalui situs http://reklamedium.com untuk pemasangan iklan atau http://gerbangusaha.com untuk pembuatan website.

Jika dilihat sekilas, layanan ini seperti menantang konsep portal www.smartbisnis.co.id milik Telkom yang juga memiliki platform toko online Jarvis. (Baca juga: Dukungan Telkom bagi UKM)

Namun, XL menyatakan alasan utama membidik pelaku UKM  karena 57 juta lebih pelakunya  di Indonesia telah memberikan kontribusi PDB (product domestic brutto) kepada negara lebih dari 57%, berdasarkan data 2013. Hanya sedikit dari UKM tersebut yang memiliki akses atas ruang iklan digital yang efektif, efisien, terjangkau dan tepat sasaran.

“Saat ini jumlah pelanggan UKM yang telah memanfaatkan layanan SME Goes Mobile ada sebanyak tidak kurang dari 600 pelanggan UKM. XL berharap hingga akhir tahun 2015 ini akan ada 2500 pelaku UKM yang akan bisa memanfaatkan layanan ini.,” pungkas Yessie.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
hut idt 6
More Stories
telkom sigma
kerjasama CSI
kerjasama CSI