10:34 pm | Friday 18 April 2014
follow us:
10:04:05 | 28 Nov 2013
XL Pompa Pengguna Android

Ilustrasi (Dok)

JAKARTA (IndoTelko) – PT XL Axiata Tbk (XL) terus memacu jumlah pengguna smartphone berbasis Android di jaringannya untuk meningkatkan pendapatan.

Jika di kuartal ketiga 2013 jumlah pengguna smartphone Android di XL tercatat 3,5 juta atau   naik sekitar 40% dari kuartal II, pada tahun depan dibidik menjadi  4,5 juta pengguna.

"Posisi Oktober 2013 kita punya sekitar 3,7 juta pengguna smartphone Android. Tahun depan ditargetkan menembus 4,5 juta pelanggan naik 15%-20% dari posisi tahun ini,” ungkap  General Manager EMC Segment Management XL, Indarto Gunawan Sutardi, kemarin.

Dikatakannya, pamor sistem operasi Android saat ini semakin menjadi pilihan utama pengguna smartphone di Tanah Air, selain dapat dimodifikasi bebas dan didistribusikan oleh para pembuat perangkat, juga memiliki aplikasi dalam jumlah sangat besar.

Hal itu bisa terlihat dari sebuah survei yang menyatakan Android merupakan platform paling populer bagi para pengembang, dan digunakan oleh 71% pengembang aplikasi seluler.

Android juga menjadi sistem operasi telepon pintar paling teratas yang paling banyak digunakan di dunia, mengalahkan posisi berturut-turut Symbian, BlackBerry, iOs, dan Windows. "Momentum ini mendorong XL untuk menawarkan layanan yang spesial bagi pelanggan XL," ujarnya.

Salah satu terobosan yang dilakukan XL adalah dengan menerbitkan Kartu Perdana Android, yang diklaim dapat memberikan pengalaman pelanggan untuk menikmati layanan data dengan perangkat berbasis Android yang cepat, stabil dan hemat .

Kartu Perdana Android yang dibanderol seharga Rp49.000 ini, memberikan kuota layanan data 1,2 Gigabyte (GB) yang berlaku selama 12 bulan.

“Untuk tahap awal Kartu Perdana Android XL akan disebar selama tiga bulan pertama sebesar 500.000 unit di seluruh Indonesia. Kami memasarkan kartu perdana Android dengan target pasar anak muda atau youth segment dengan usia 15 tahun-19 tahun. Sebab 18%-20% pasar telekomunikasi saat ini adalah anak muda,” katanya.

Berdasarkan kinerja di kuartal III tahun ini,  saat ini jumlah pengguna layanan data perseroan mencapai 33 juta pengguna.Layanan data  berkontribusi 15% terhadap pendapatan usaha XL.

Sedangkan di Indosat  jumlah pelanggan Android Indosat diperkirakan mencapai 1,6 juta pengguna dengan total pelanggan smartphone Indosat mencapai 8 juta pengguna. Sementara total pelanggan Indosat tercatat 53,8 juta pengguna.

Di Telkomsel, BlackBerry menempati urutan pertama dengan 8,9 juta unit. Perangkat Android mencapai 4 juta unit, tumbuh signifikan dari 2,1 juta unit pada April lalu. Sementara jumlah perangkat iOS sekitar 500 ribu unit dan Windows Phone mencapai 121 ribu unit.(ak)

Share
Baca Juga:
Berita Terpopuler
  • Indonesia Masih Membutuhkan Konsolidasi Operator
  • BigTV Panaskan Pasar TV Berbayar
  • Memanfaatkan Momentum
  • 2013, Pertumbuhan Pengguna Internet Indonesia Hanya 13%
  • Indonesia Regulations Refuse Bitcoin
  • More Stories
    ~ Milestone ~
    29 September 2005

    Exe Talk
    Andry Huzain: Platform Mobile Jadi Mesin Pertumbuhan Lazada
    Financial Analysis
    IBM Alami Nasib Buruk di Kuartal Pertama 2014
    English Version
    Lamudi Get US$ 7 million for Asian Markets
    Rumors
    Manjot Mann Dikabarkan Hengkang dari Tri Indonesia
    Indepth
    807 Merek Daftarkan Nama Domain .ID