blanja.com
telkomsel halo
finnet KTM

Telkom Harapkan Zapa Tingkatkan Daya Saing UKM

11:47:56 | 04 Nov 2014
Telkom Harapkan Zapa Tingkatkan Daya Saing UKM
Peluncuran aplikasi Zapa (Dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mengharapkan aplikasi Customer Relationship Management (CRM) dengan merek dagang Zapa mampu meningkatkan nilai kompetitif pelaku Usaha Kecil dan menengah (UKM) di tanah air.

“Kami sejak tahun 2013, Telkom telah meluncurkan program Indonesia Digital Enterpreneur (IndiPreneur) untuk mengembagkan kemampuan UKM. Peluncuran Zapa ini salah satu bentuk konsistensi aksi itu,” kata Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin, kemarin.

Dikatakannya, melalui program IndiPreneur, Telkom tak henti-hentinya memberikan edukasi baik secara langsung maupun melalui penyediaan aplikasi berbasis website seperti www.smartbisnis.co.id secara free bagi pelaku UKM.

Hingga saat ini program IndiPreneur telah berhasil merangkul 300.000 UKM sampai dengan Oktober 2014, dimana pada posisi Desember 2013 lalu baru mencapai 170.000 UKM. Adanya tambahan UKM yang dikelola Telkom tersebut  membawa tambahan pencapaian (scaling) revenue pada komponen connectivity sebesar Rp 30 miliar di tahun 2014 ini.

“Namun, kami menyadari hal tersebut tidaklah cukup. Dari data yang ada, 65,7% pelaku UKM menggunakan mobile-phone dalam mengakses social media maupun bertransaksi. Dan kini, Telkom mengembangkan aplikasi yang dapat digunakan oleh pelaku UKM melalui Mobile-phone melengkapi implementasi  IndiPreneur,” papar Awal.

Untuk tahap awal, aplikasi tersedia di sistem operasi Android, selanjutnya akan dikembangkan iOS, dan Windows Phone. Telkom menggandeng PT Infomedia Nusantara (member Telkom Group) sebagai pengembang aplikasi Zapa dan menargetkan satu juta UKM  akan tergabung pada tahun 2015.

“Kami hingga akhir tahun ini membidik sekitar Rp 10 miliar dari aplikasi ini terutama di penjualan produk konektifitas dan solusi,” katanya.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
Lifestyle-Native-LTE-Wifi-Calling_300x250.jpg
More Stories
telkom sigma
smartfren
kerjasama CSI
kerjasama CSI