blanja.com
telkomsel halo

Kominfo sebaiknya revisi BHP Smartfren di 2,3 GHz

10:56:18 | 19 Okt 2017
Kominfo sebaiknya revisi BHP Smartfren di 2,3 GHz
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Pemerintah disarankan untuk mengkoreksi harga Biaya Hak Penggunaan (BHP) frekuensi yang dibayar oleh Smart Telecom (Afiliasi Smartfren) pasca keluarnya Telkomsel sebagai pemenang tender 2,3 GHz.

Telkomsel menawar 30 MHz frekuensi 2,3 GHz senilai Rp1,007,483 triliun. Angka ini melesat dibandingkan harga penawaran yang dibuka Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yakni Rp 366,720 miliar. Kominfo sendiri menentukan harga penawaran berdasarkan BHP yang dibayar Smart Telecom untuk 30 MHz di pita 2,3 GHz. (Baca: Telkomsel di 2,3 GHz)

"Jika melihat hasil tender dimana naiknya diatas dua kali lipat dari harga penawaran, sewajarnya diterapkan price taking policy bagi Smartfren. Soalnya Telkomsel dan Smartfren itu kan seluler dengan jangkauan nasional. Jika tidak diterapkan price taking policy, maka ada perlakuan berbeda antara Telkomsel dan Smartfren oleh Kominfo," ungkap Direktur Indonesia ICT Institute Heru Sutadi kepada IndoTelko, melalui pesan singkat, Kamis (19/10).

Sekjen Pusat Studi Kebijakan Industri dan Regulasi Telekomunikasi Indonesia-ITB (PIKERTI-ITB) M Ridwan Effendi menyetujui jika Smart Telecom menjadi price taker untuk BHP di 2,3 GHz. "Sewajarnya BHP Smartfren menyesuaikan dengan pemenang lelang. Kita sudah ada presedn saat Natrindo Telepon Selular (NTS) untuk 2,1 GHz. Saat itu NTS sudah ada frekuensi 2,1 GHz, tetapi harus bayar BHP sama dengan harga lelang sekitar Rp 160 miliar," katanya.

Secara terpisah, PLT Kepala Humas Kominfo Noor Iza menyatakan BHP dari Smart Telecom pasca lelang 2,3 GHz yang dimenangkan Telkomsel. "Ndaklah, stand still," tukasnya. (Baca: Harga Frekuensi)

Diungkapkan Noor, Telkomsel jika ditetapkan sebagai pemenang dari 30 MHz frekuensi 2,3 GHz harus merogoh kocek sekitar Rp 3,021 triliun rupiah terdiri dari dua kali upfront fee dan BHP frekeunsi dari harga penawaran operator itu.(id) 

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma
kerjasama CSI
kerjasama CSI