blanja.com
telkomsel halo
finnet KTM

Laporan langsung dari Kourou

Luncurkan satelit T3S, roket Ariane 5 pertahankan kisah suksesnya

06:49:03 | 16 Feb 2017
 Luncurkan satelit T3S, roket Ariane 5 pertahankan kisah suksesnya
Roket Ariane 5 ketika proses lift off untuk satelit T3S (Foto:TLKM)
telkomtelstra januari - maret
KOUROU (IndoTelko) - Peluncuran satelit Telkom 3S pada Rabu pagi (15/2) pukul 04.39 WIB dari Guiana Space Center, Kourou, Guiana Perancis semakin memperkokoh posisi Arianespace sebagai perusahaan peluncur satelit terbaik di dunia.

"Satelit Telkom 3S dan SKY Brasil-1 adalah misi pertama dari roket Ariane 5 untuk 2017. Ini meneruskan kisah sukses roket Ariane 5 dalam menuntaskan tugasnya untuk misi peluncuran dimana telah 77 misi sukses dituntaskan secara berkelanjutan. Tahun ini kami ada target menuntaskan 12 misi peluncuran menggunakan roket Ariane 5, Soyuz, dan lightweight Vega," ungkap Chairman dan CEO of Arianespace Stephane Israel usai mengumumkan suksesnya misi roket Ariane 5 di Kourou, Selasa (14/2) malam atau Rabu (15/2), dini hari.

Dikatakannya, dalam proses peluncuran satelit T3S perseroan bisa melakukannya tepat waktu sesuai dengan jadwal yang disepakati dan berhasil membawa satelit tersebut ke geostationary transfer orbit (GTO) dibawah 40 menit pasca roket ditembakkan ke angkasa.

Sementara Managing Director Arianespace untuk Singapura Richard Bowles dalam keterangannya menyatakan sejak tahun 1980-an, pasar Asia Pasifik adalah salah satu target utama dari perseroan. "Pangsa pasar ini sekitar 60% untuk peluncuran komersial. Arianespace telah meluncurkan 73 satelit bagi 16 operator di Asia Pasifik dari 11 negara selama 35 tahun belakangan. Dalam beberapa tahun mendatang ada 10 satelit dari Australia, India, Jepang, dan Korea Selatan yang akan diluncurkan. Ini merepresentasikan 25% dari bisnis global Arianespace," ungkapnya.

Sebelumnya, CEO Telkom Group Alex J Sinaga yang menyaksikan langsung dari Guiana Space Center milik Arianespace tak bisa menyembunyikan kegembiraanya pasca diumumkan satelit T3S telah dilepas dari roketnya di menit ke-39 dan melepas telemetri yang menandakan lokasi keberadaannya ke bumi. (Baca: Satelit T3S)

"Fantastic Job! Ini yang bisa saya ucapkan ke mitra dari Telkom yang mendukung peluncuran ini yakni Arianespace dan Thales Alenia Space. Beban berat yang ada di pundak saya bisa terangkat berkat mitra-mitra yang hebat ini," kata Pria yang akrab disapa AJS ini.(dn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
Lifestyle-IMS-Core-Android_300x250.jpg
More Stories
telkom sigma
smartfren
kerjasama CSI
kerjasama CSI