blanja.com
telkomsel halo

Intelligent Enterprise akan menjadi tren penentu bagi industri

10:03:15 | 29 Jan 2017
Intelligent Enterprise akan menjadi tren penentu bagi industri
ilustrasi
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko)  – Zebra Technologies Corporation (Zebra), pemimpin global dalam solusi dan layanan yang menyediakan visibilitas secara real-time kepada perusahaan tentang kegiatan operasional, mengumumkan bahwa para pemimpin global dari sektor kesehatan, ritel, transportasi dan logistik (T&L), serta manufaktur memvalidasi “Intelligent Enterprise” sebagai tren penentu di dekade ini bagi industri-industri di seluruh dunia.

CEO, Zebra Technologies Anders Gustafsson menjelaskan “Konsep ‘Intelligent Enterprise’ adalah menjadikan perusahaan-perusahaan sama cerdas dan terkoneksi sebagaimana dunia di sekeliling kita.

Sebuah sensor mungkin terlihat seperti sebuah perangkat kecil, namun ketika digabungkan dengan data dalam jumlah besar dan kemampuan untuk memahami dan bertindak, hal tersebut menghadirkan suatu gelombang besar inovasi teknologi, kreativitas dan tingkat kecerdasan baru bagi dunia.

“Guna mewujudkan Intelligent Enterprise, perusahaan-perusahaan dari seluruh industri harus bersatu padu untuk menghadirkan dan menyetujui praktik-pratik dan pedoman standar sehingga seluruh enterprise dapat terhubung dan menjadi semakin cerdas,” katanya melalui keterangan tertulis, belum lama ini.

Zebra, bekerja sama dengan Technology and Entrepreneurship Center at Harvard (TECH) menghadirkan 40 eksekutif-eksekutif terkemuka, pakar industri, serta para pembuat kebijakan dalam acara Innovation Symposium 2016: The Intelligent Enterprise.

Para eksekutif dari berbagai perusahaan, seperti Google, GE Healthcare dan IBM menjelaskan tentang “Intelligent Enterprise” dan membahas praktik-praktik terbaik dan peluang-peluang bagi perusahaan dari berbagai skala dan jenis industri sehubungan dengan Internet of Things (IoT).

TECH telah meluncurkan laporan resmi (whitepaper) yang merangkum hasil diskusi, serta beberapa pertimbangan yang penting bagi keberhasilan pengadopsian dan penerapan solusi-solusi IoT dan bagaimana perusahaan dapat memanfaatkan seluruh potensi IoT. EAI Consulting Practice Zebra menghadirkan metodologi, tool dan keahlian vertikal yang telah terbukti guna membantu menentukan kondisi masa depan yang tepat demi tercapainya efisiensi operasional dan mempercepat hasil bisnis yang diinginkan.

MIT Senseable City Lab berfokus pada aplikasi kreatif dari sensor-sensor di lingkungan perkotaan guna menghasilkan aliran-aliran data baru, yang mendorong kota-kota tangguh, efisien, dan pintar. Sensor-sensor yang ditempatkan dalam gorong-gorong di Cambridge, Massachusetts, mengumpulkan data biokimia terkait virus, bakteri, bahan kimia, makanan atau obat-obatan apa saja yang dikonsumsi masyarakat, dan banyak lagi.

Transit X merupakan sistem transportasi massal pribadi bertenaga surya yang dapat menggantikan bus, kereta api dan mobil. Podcar yang sangat ringan ini meluncur tanpa suara pada rel tipis di atas lalu lintas jalan raya, dan mampu menampung satu penumpang hingga satu keluarga yang berjumlah lima orang. Tujuan keberangkatan dimasukkan melalui smartphone atau kios, dan podcar menanti di suatu platform kecil yang nyaman seperti halte bus. Setelah penumpang duduk, podcar mulai berjalan dan bergabung dengan sistem rel yang ada, melaju tanpa berhenti ke tempat tujuan, dengan waktu kedatangan yang terjamin.

Google sedang menjajaki teknologi cloud dan mesin pembelajaran, termasuk membuat Google Apps, seperti Gmail, Docs, dan Hangouts menjadi lebih pintar. Google Search akan dilengkapi dengan pengenalan suara, Gmail akan dilengkapi dengan fitur membalas email yang pintar, Google Photos akan dilengkapi dengan fungsi pencarian yang lebih canggih, serta banyak lagi.

Solusi-solusi Dose Management GE Healthcare dirancang untuk secara otomatis mengumpulkan dan menganalisis paparan radiasi pasien di seluruh lingkungan pencitraan yang multifasilitas, multimodalitas dan multivendor. Solusi ini memungkinkan para profesional di bidang layanan kesehatan untuk memantau paparan radiasi pasien, mengevaluasi praktik mereka dan melakukan perbaikan sehingga dosis yang tepat digunakan untuk memberikan hasil terbaik bagi pasien.

“GE telah memanfaatkan data dan mesin pembelajaran sebagai mitra yang tidak hanya menyediakan peralatan medis, namun juga solusi-solusi yang meningkatkan hasil akhir. Kami meyakini IoT memiliki peluang tak terbatas dalam dunia layanan kesehatan, mulai dari perawatan pasien prediktif hingga cara pembuatan obat-obatan, dan ini baru permulaannya saja,” kata CTO, GE Healthcare Tim Kottak.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
hut idt 6
More Stories
telkom sigma
kerjasama CSI
kerjasama CSI