blanja.com
telkomsel halo

Huawei buka OpenLab baru di Malaysia

10:31:53 | 11 Nov 2017
Huawei buka OpenLab baru di Malaysia
Guo Ping menyampaikan kata sambutan dalam rangkaian acara Huawei Asia-Pacific Innovation Day di Kuala Lumpur, Malaysia (9/11).(ist)
telkomtelstra januari - maret
 KUALA LUMPUR (IndoTelko) - Huawei mengumumkan pembangunan OpenLab baru di Kuala Lumpur, Malaysia, yang akan menjadi platform terbuka, fleksibel, dan aman untuk inovasi bersama dengan mitra lokal.

Huawei juga menandatangani 4 Nota Kesepahaman, dengan SME Corporation Malaysia, Universiti Malaysia Sabah (UMS), Pemerintah Terengganu, dan CyberSecurity Malaysia untuk memperluas kerja sama di berbagai sektor, termasuk penelitian ilmiah, inovasi, Sumber Daya Manusia (SDM), smart campus, dan keamanan siber.

Pada acara Huawei Innovation Day 2017, Brookings Institution turut berpartisipasi dengan mengumumkan hasil laporan Global Safe City yang mengkaji bagaimana teknologi digital, jaringan seluler, dan solusi terpadu dapat membantu pemerintah di 17 kota di seluruh dunia, termasuk Indonesia, dalam mengelola keselamatan publik serta penegakan hukum.

Dalam acara Huawei Asia-Pacific Innovation Day yang ketiga, Brookings Institution merilis Global Safe City Report, yang mengkaji bagaimana teknologi digital, jaringan seluler, dan solusi terpadu dapat membantu pemerintah daerah di 17 kota di dunia dalam mengelola keselamatan publik dan penegakan hukum, termasuk di Indonesia.

Deputy Chairman of the Board and Rotating CEO of Huawei Guo Ping, membahas beragam tahap transformasi digital dan hal-hal yang dapat diperhatikan oleh negara-negara di setiap tahap perkembangannya.

"Ketika sebuah negara mulai melakukan digitalisasi, mereka mengalami evolusi kebutuhan yang sama, yang dapat dibagi menjadi empat lapisan hirarki. Yang pertama adalah infrastruktur Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK), yang merupakan fondasi ekonomi digital. Yang kedua adalah keamanan, baik di dunia nyata maupun di dunia digital, yang dibutuhkan untuk pengembangan lebih lanjut. Lapisan ketiga adalah menciptakan lingkungan yang mendukung berbagai industri untuk mengadopsi teknologi digital (go digital). Membangun fondasi perlindungan privasi yang kokoh merupakan lapisan keempat dan lapisan yang terpenting untuk memungkinkan penyebaran informasi yang lebih luas. Data yang lebih lengkap dapat membantu kota-kota dan pemerintah nasional untuk mengelola proses digitalisasi dengan lebih baik, yang mana pada akhirnya dapat membantu mereka untuk menciptakan kota-kota yang lebih aman dan negara-negara yang lebih cerdas," katanya.

Hasil dari laporan mengindikasikan bahwa dari perspektif infrastruktur, kawasan Asia Pasifik memiliki potensi yang sangat besar untuk membangun smart city dan safe city. Berkaitan dengan hal ini, Huawei juga berbagi pengalamannya dalam membantu Distrik Longgang di Shenzhen, Tiongkok, untuk pembangunan infrastruktur safe city.

Menurut laporan yang dirilis oleh The Brookings Institution, diantara negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang diteliti, Singapura memiliki nilai tertinggi dengan total 120 poin pada aspek keselamatan publik, diikuti oleh Bangkok dengan 96 poin, Kuala Lumpur dengan 94 poin, dan Jakarta dengan 90 poin. Penilaian keseluruhan diambil berdasarkan 24 indikator yang mengukur dimensi visi kota metropolitan, infrastruktur digital, efektivitas keselamatan, adopsi keselamatan, analisis data, dan keterlibatan masyarakat.

Sementara untuk wilayah Jakarta, terdapat beberapa aspek yang harus ditingkatkan dan masih memiliki nilai yang kurang, terutama untuk infrastruktur digital, efektivitas keamanan publik, serta adopsi keamanan publik. Untuk infrastruktur digital, poin yang perlu ditingkatkan adalah akses masyarakat terhadap internet, akses wifi, serta platform website.

Dalam efektivitas keamanan publik, poin yang harus ditingkatkan yaitu persepsi tingkat kejahatan, persepsi terhadap keamanan, dan peristiwa kejahatan. Sedangkan dalam aspek adopsi keamanan publik, terdapat 2 poin yang perlu ditingkatkan untuk menambah nilai secara keseluruhan, yaitu body cams dan peringatan darurat.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma
kerjasama CSI
kerjasama CSI