blanja
telkomsel halo
finnet KTM

PINS tengah siapkan marketplace IoT

08:20:13 | 31 Okt 2016
PINS tengah siapkan marketplace IoT
Prasabri Pesti(dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – PT PINS Indonesia (PINS) terus mempersolek organisasi menjadi The Internet of Things (IoT) Company.

Anak usaha Telkom ini kabarnya tengah mempersiapkan marketplace yang menyediakan produk dan solusi IoT. (Baca: PINS dan IoT)

“Setelah kita deklarasi sebagai The IoT Company dengan revamp website perusahaan. Sebentar lagi kita akan luncurkan marketplace dan community portal  www.iot-indonesia.co.id,” ungkap CEO PINS Prasabri Pesti, kepada IndoTelko, belum lama ini.

Dijelaskannya, nantinya marketplace itu akan menjadi salah satu saluran penjualan bagi PINS dalam menawarkan solusinya ke pelanggan. “Kita juga akan menggunakan blanja.com sebagai channel IoT device and solution. Sementara platform pembayaran nantinya mengandalkan anak usaha Telkom lainnya, Finnet dan yang ada di blanja.com,” katanya.

Dikatakannya, saat ini masih dalam tahap persiapan untuk komersial dari marketplace tersebut. “Diperkirakan awal tahun 2017 kita bisa kenalkan ke publik,” tutupnya.

Asal tahu saja, PINS menjadi andalan Telkom dalam menggarap bisnis IoT yang tengah tumbuh di Indonesia.

PINS telah bekerja sama dengan prinsipal kelas dunia dalam menyiapkan platform IoT yang handal, sehingga kedepan produk – produk IoT seperti Bring Your Own Device (BYOD), Smart Building, dan Smart City dapat di nikmati oleh pasar secara baik. Produk-produk ini akan memperkuat lini produk solusi Telkom yang dikenal dengan Telkom Solution.

Induk usaha PINS, Telkom, pada 12 Mei 2016 menandatangani MoU dengan SK Telecom menjajaki peluang bisnis layanan IoT dan kota pintar (smart city). Kedua perusahaan akan memperkenalkan dan memasarkan produk SK Telecom, yang disesuaikan dengan pasar Indonesia. Produk yang akan ditawarkan adalah platform ThingPlug dan LoRa Networks. (Baca: Telkom dan SK Telecom)

Di pasar global, Avanci telah  meluncurkan marketplace pertama untuk lisensi teknologi nirkabel yang telah dipatenkan untuk kebutuhan  IoT. Avanci membawa berbagai paten nirkabel yang sesuai standar dari pemimpin industri, membuatnya tersedia hanya dengan satu lisensi bagi manufaktur IoT yang ingin memperluas konektivitas dalam rangkaian produknya. (Baca: Marketplace IoT)

Selain Avanci, (Baca: IoT Market) Ericsson juga mengumumkan tersedianya IoT Accelerator, yakni platform horizontal dan kaya fitur yang dikombinasikan dengan layanan dan marketplace agar pelanggan dari sektor-sektor seperti keamanan publik, utilities, transport dan smart cities dapat terkoneksi dengan para mitra dan menghasilkan uang dari solusi IoT.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
Minima-WiFi-Access-Point.jpg
More Stories
telkom sigma