blanja.com
telkomsel halo

Ingin wujudkan mimpi Jokowi, Blanja.com permak tampilan

10:05:21 | 13 Mar 2017
Ingin wujudkan mimpi Jokowi, Blanja.com permak tampilan
Model dan tampilan baru blanja.com (dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Portal marketplace, Blanja.com, mengubah tampilannya demi ingin mewujudkan mimpi Presiden Joko Widodo (Jokowi) membawa pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) go global.

“Blanja memberikan perhatian khusus kepada pembinaan UKM Indonesia agar lebih cepat bertumbuh bisnisnya seperti harapan Pak Presiden. Kami ubah tampilan portal agar keberpihakan ke UKM itu terlihat lebih nyata,” ungkap CEO Blanja.com Aulia E Marinto di Jakarta, Senin (13/3).

Dikatakannya, melalui tampilan baru dari Blanja.com, bagi UKM yang menjual produk asli Indonesia akan lebih mudah ditemui. “Mereka ini ada yang masuk melalui Rumah Kreatif BUMN (RKB) atau umum. Ini akan lebih mudah dicari di Blanja.com,” ulasnya.

Aulia mengharapkan, dengan adanya perubahan tampilan ini bisa membantuk mencapai melayani  transaksi sekitar US$ 150 juta tahun 2017. Target tersebut meningkat 50% dari pencapaian transaksi perusahaan pada tahun 2016 yang mencapai sekitar US$ 100 juta.

Hingga saat ini sudah ada 15 ribu UKM yang terdaftar di Blanja.com. Sebanyak 150 terbaik di antaranya telah diikutkan dalam pameran Telkom Craft yang digelar pada 10-12 Maret 2017 di Jakarta.

Telkom yang menjadi salah satu pemegang saham di Blanja mendukung aksi renovasi tampilan yang dilakukan marketplace itu. (Baca:

“Perubahan di Blanja.com memang sesuai dengan misi Telkom untuk membawa pelaku UKM menjadi “local heroes to global champions”. Ada sekitar 500 juta produk listing di Blanja.com, renovasi tampilan itu akan memudahkan pelanggan mencari barang asli buatan UKM Indonesia,” kata Direktur Digital & Strategic Portofolio Telkom Indra Utoyo.

Dikatakan Indra, Blanja.com memiliki kekuatan bersaing di eCommerce karena bisa memanfaatkan posisi mereka sebagai anak usaha Telkom. Perusahaan bisa mengakses bisa mengakses 200 juta pelanggan Telkom dan menggandeng kerja sama dengan perusahaan BUMN lainnya.

Belum lagi, pemegang saham Blanja.com lainnya, eBay yang memilik expertise Internasional. “Dengan kepemilikan modal Ebay.com pada Blanja.com, maka konsumen perusahaan bisa mengakses jutaan produk internasional. Kombinasi Telkom dan eBay bisa menyumbang eCommerce Indonesia menjadi salah satu kekuatan bergengsi di Asia di masa mendatang,” tutupnya.

Asal tahu saja, menjadi Energi digital Asia adalah hal yang digaungkan Presiden Jokowi sejak 2016 lalu kala mempromosikan Indonesia ke pasar global.

Dalam setiap pernyataannya di berbagai kesempatan, Presiden memprediksi valuasi  eCommerce nasional dengan nilai US$ 130 miliar dan menciptakan 1000 teknopreneur dengan nilai bisnis US$ 10 miliar pada tahun 2020 yang disusun dalam road map eCommerce nasional.

Pelaku usaha yang dianggap akan memainkan peranan penting membawa Indonesia menjadi salah satu raja eCommerce nantinya adalah sektor UKM.(dn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
Lifestyle-IMS-Core-Android_300x250_okt.jpg
More Stories
telkom sigma
kerjasama CSI
kerjasama CSI