blanja

XL tengah pertimbangkan nasib XL Tunai

08:09:05 | 18 Jun 2017
telkom solution travel
XL tengah pertimbangkan nasib XL Tunai
Dian Siswarini (dok)
finnet KTM
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - PT XL Axiata Tbk (XL) masih mempertimbangkan nasib dari layanan uang elektronik (eMoney) XL Tunai ke depannya dengan melihat kondisi pasar dan regulasi.

"Pada prinsipnya kita percaya pembayaran masa depan itu ada di smartphone. eMoney itu kan salah satu source untuk payment. Selain itu, bagi XL adanya eMoney menjadikan pelanggan lebih terikat ke nomor XL," ungkap Presiden Direktur & CEO XL Dian Siswarini kala berbuka bersama media, pekan lalu.

Namun, Dian mengatakan saat ini ada wacana regulasi yang bergulir untuk layanan eMoney tak bisa hanya menjadi unit bisnis. "Nah, ini kita sedang kaji, apakah di-spin off. Sedang ada review dan asessment untuk layanan ini," katanya.

Diakuinya, ada beberapa opsi yang bisa diambil seandainya terjadi spin off terhadap XL Tunai, salah satunya mencari investor strategis. "Ya semua masih dikajilah. Hal yang pasti adalah lisensi eMoney itu tak bisa dipindahkan," tutupnya.

Asal tahu saja, pamor XL Tunai di produk eMoney milik operator lumayan wahid. Produk ini bersaing dengan eMoney milik Bank Mandiri dari sisi transaksi yang dihasilkan.

XL Tunai adalah suatu layanan uang elektronik dari XL yang memungkinkan pelanggan XL melakukan transaksi keuangan hanya dengan menggunakan ponsel. Jenis transaksi yang bisa digunakan adalah beli pulsa XL, bayar tagihan, belanja di toko, belanja online, serta kirim uang dalam negeri dan luar negeri yang semuanya dapat dilakukan kapan saja maupun dimana saja.  

XL Tunai bisa digunakan di kurang lebih 202 merchant dan 20.000 lebih lokasi isi dan tarik saldo di Indomaret, Alfamart dan XL Centre . Di antara merchant tersebut masuk dalam kategori layanan publik. Selain yang untuk pembayaran BPJS Kesehatan, XL Tunai juga bisa untuk membayar tagihan langganan PDAM di beberapa kota, juga membayar tagihan listrik PLN.

XL juga telah bekerjasama dengan beberapa pemerintah daerah untuk menyediakan sarana pembayaran bagi sejumlah layanan publik. Antara lain adalah pembayaran PBB di Yogyakarta, dan pajak kendaraan bermotor di Nusa Tenggara Barat.  

Merchant XL Tunai lainnya terbagi dalam beberapa jenis transaksi, merchant online shopping seperti Elevenia, Blibli, Groupon, Bhinneka, Dinomarket, pembayaran belanja di toko Alfamart, Alfamidi, Lawson dan Indomaret, serta pembayaran tagihan air di Jakarta, Bandung, Surabaya

XL menyediakan layanan XL Tunai sejak 2012. XL Tunai digunakan secara aktif oleh tidak kurang dari 1,7 juta pelanggan, yang tersebar di hampir semua wilayah layanan XL. Sebagian besar pelanggan menggunakan XL Tunai untuk jenis transaksi kirim uang dan pembayaran tagihan. (Baca: Pikir ulang eMoney)

Sebelumnya, Indosat Ooredoo memutuskan mundur teratur dari bisnis eMoney dengan menggandeng PayPro untuk membesarkan Dompetku.(id)     

Telkom Smart City
Artikel Terkait
telkom solution travel
Lifestyle-2-Wi-Fi-&-LTE-Calling.jpg
More Stories
telkom smart city
telkom sigma
telkom DBS / liputan khusus