blanja.com

Q1-18, T-CASH bisa layani lintas operator

16:32:32 | 05 Dec 2017
telkom solution travel
Q1-18, T-CASH bisa layani lintas operator
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Telkomsel akan membuka layanan uang elektronik, T-CASH, bisa melayani pelanggan lintas operator pada kuartal pertama 2018.

"Salah satu milestone T-CASH ke depan memang ingin menjadi agnostick e-money atau bisa melayani siapa saja. Kuartal pertama 2018, semua pelanggan operator nantinya bisa menggunakan T-CASH," ungkap CEO of TCASH Danu Wicaksana kala temu media, Selasa (5/12).

Diungkapkannya, saat ini ada 10 juta pengguna T-CASH yang terdaftar dimana aktif per bulannya sekitar 30%-40% dengan nilai transaksi sekitar Rp 150 ribu.

"Kita bidik dalam lima tahun kedepan ada sekitar 100-120 juta pengguna terdaftar dimana nantinya yang aktif per bulan nisa 40%-50%. Pokoknya kita mau T-CASH ini sama besarnya dengan Telkomsel di seluler," harapnya.

Ditambahkannya, selain berencana membidik pelanggan di luar Telkomsel, layanan T-CASH untuk inklusi keuangan juga akan menggandeng BTN dan BNI setelah sukses dengan BTPN. "Kita berkat kerjasama dengan BTPN, pelanggan dari segmen Micro itu ada sekitar 40% dari yang teregister. Rencananya mitra bank untuk micro user ini akan ditambah nantinya," katanya.

Dilanjutkannya, T-CASH juga akan hadir di aplikasi My BlueBird sebagai salah satu platform pembayaran tak lama lagi. "Kita sekarang dalam horizon memperkuat fundamental dan membangun basis pelanggan. Pada 2019-2020 kita akan scale-up dan berikan makin banyak penawaran. Di 2021 kita akan optimalkan semua potensi yang ada untuk memenangkan pasar," pungkasnya.

Asal tahu saja, T-CASH menghadirkan beragam inovasi layanan dan produk yang dikembangkan untuk menjawab kebutuhan pelanggan di dua segmen utama, yaitu lifestyle dan mikro.

Bagi pelanggan di segmen lifestyle, yang menginginkan kemudahan dan kenyamanan, T-CASH menghadirkan fitur T-CASH Sticker Tap dan Snap QR Code yang bisa digunakan untuk bertransaksi di lebih dari 50,000 partner merchants yang telah berkolaborasi (baik F&B maupun non F&B); serta sistem pengisian saldo yang mudah di lebih dari 60,000 titik layanan di seluruh Indonesia (meliputi jaringan ATM Bersama, GraPARI, Mobile GraPARI, minimarket seperti Indomaret dan Alfamart, serta berbagai outlet pulsa Telkomsel).

Aplikasi T-CASH sendiri pun kini telah diunduh sebanyak sekitar 2 juta kali (Android dan iOS).

T-CASH juga mengembangkan layanannya bagi kalangan masyarakat mikro yang belum terjangkau perbankan (unbanked) melalui kerjasama yang erat dengan bank-bank yang menjadi rekan strategis.

Dalam kerjasama ini, pelanggan unbanked bisa mendapatkan akses finansial yang mudah, seperti cek saldo tabungan, transfer, pembayaran, dan tarik tunai tanpa perlu mendatangi kantor fisik bank. Selain itu, tahun ini, T-CASH pun menginisiasikan layanan international remittance untuk memudahkan pengiriman uang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari luar ke dalam negeri, dengan biaya yang lebih murah dari opsi yang TKI miliki saat ini.

Beberapa layanan yang paling diminati oleh pengguna adalah pengisian pulsa telepon; pembelian token listrik; pembayaran berbagai jenis tagihan (seperti air, BPJS, asuransi, dan TV kabel); pembelian voucher game; pembayaran di merchant (seperti di Starbucks, McDonald’s, KFC, Cha Time, Indomaret, dan Alfamart); serta pengiriman uang melalui fitur P2P (peer to peer).(dn)

Telkom Smart City
Artikel Terkait