blanja.com

Pemerintah janji tak "cekik" startup dengan belitan regulasi

04:00:40 | 22 Sep 2017
telkom solution travel
Pemerintah janji tak
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Pemerintah menjanjikan akan memberi ruang tumbuh yang luas bagi perusahaan rintisan untuk bereksperimen agar bisa menikmati pertumbuhan usaha.

"Keleluasaan untuk eksperimentasi harus diberikan kepada seluruh masyarakat. Sekali lagi, keleluasaan untu masyarakat bereksperimentasi karena inovasi itu memerlukan eksperimen. Hal-hal yang baru ini harus dicoba dan ini memerlukan cost, memerlukan biaya. Berarti apa? Berarti startup jangan dicekik dengan regulasi-regulasi yang berlebihan. Jangan malah terlalu diatur-atur, inovasinya malah enggak muncul," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan sambutan pada acara Economic Talkshow “Ekonomi Baru Di Era Digital” di Jakarta, Rabu (20/9).

Menurutnya, Indonesia terlalu banyak aturan sehingga terjerat regulasi sendiri. "Itu yang sekarang kita potong-potong terus, tapi jumlahnya masih banyak sekali. Masih 42 ribu peraturan, bayangkan. Saya saja melihatnya pusing saya suda. Dikit-dikit diatur, dikit-dikit diatur. Saya mau melakukan apa, Pak ini tidak boleh Pak ini ada peraturan. Pak itu melanggar peraturan ini. Isinya hanya peraturan-peraturan-peraturan-peraturan-peraturan. Inilah yang menghambat inovasi-inovasi," ungkapnya.

Dikatakannya, sudah menjadi tugasnya untuk terus menggempur peraturan-peraturan itu agar semakin sedikit sehingga kita lincah, sehingga kita fleksibel dalam melakukan inovasi.

"Peraturan, peraturan saya saja pusing, apalagi masyarakat. Sekali lagi, berarti apa? Berikan ruang yang sebesar-besarnya untuk statup ini berkembang. Ini juga salah satu alasan kenapa pentingnya deregulasi. Mengurangi tumpang tindihnya aturan dan persyaratan yang menghambat cara-cara baru, menghambat munculnya pola-pola baru, menghambat munculnya inovasi-inovasi baru," katanya.

Diungkapkannya, dulu izin itu sedikit, kemudian ada syarat syarat syarat syarat. Nah syarat-syarat-syarat ini dinaikkan lagi menjadi izin, menjadi peraturan sehingga izin itu semakin banyak. "Ini yang menjadi tugas kita, tugas saya untuk terus memotong-motong agar izin-izin itu semakin sedikit sehingga dunia usaha semakin lincah, semakin fleksibel untuk mengeluarkan inovasi-inovasi baru,"katanya.

Keamanan
Lebih lanjut dikatakannya, pemerintah juga akan memberikan keamanan siber (cyber security). Dalam beberapa bulan terakhir semakin banyak serangan cyber yang amat dahsyat. Beberapa bulan lalu pemerintah sudah membentuk badan cyber dan sandi negara dan sekarang dalam proses membangun kelembagaannya.

"Saya juga amau titip kepada Ibu dan Bapak semuanya, utamanya CEO para start up digital, tolong siapkan betul sarana cyber security Anda semuanya. Jangan sampai kejadian aplikasi digital yang sudah berhasil mengumpulkan jutaan pelanggan, dibobol dan data pelanggannya dibocorkan atau dijual ke orang-orang yang tidak bertanggung jawab, orang-orang jahat," tutupnya.(wn)

Telkom Smart City
Artikel Terkait
telkom solution travel
Lifestyle-IMS-Core-Android_300x250_okt.jpg
More Stories
telkom smart city
telkom sigma
telkom DBS / liputan khusus
kerjasama CSI