blanja.com

Smart city nusantara tengah dikembangkan di Sulbar

11:52:22 | 16 Okt 2017
telkom solution travel
Smart city nusantara tengah dikembangkan di Sulbar
Sekprov Sulbar, Ismail Zainuddin (baju putih) kala mengunjungi Living Lab Smart City Nusantara belum lama ini.(ist)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) tengah mengembangkan platform Smart City Nusantara untuk meningkatkan layanan publik bagi masyarakat.

Smart City Nusantara merupakan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembangunan dan pengelolaan sebuah kota atau daerah dengan tujuan meningkatkan kemampuan kerja dan kinerja pemerintah yang dikembangkan oleh Telkom.

Penerapan konsep smart city dimaksudkan agar pemerintah mampu memberikan pelayanan berkelanjutan, efektif serta dapat meningkatkan kenyaman dan keamanan kehidupan masyarakat dan mengutamakan kearifan lokal.

"Kami baru sadar bahwa Telkom itu hebat. Insya Allah Sulbar akan menyusul," tulis Sekprov Sulbar, Ismail Zainuddin dalam testimoni elektroniknya kala mengunjungi Living Lab Smart City Nusantara belum lama ini.

Living Lab ini dibangun Telkom untuk memberikan edukasi kepada pucuk pimpinan di daerah agar mengetahui implementasi solusi dari smart city nusantara.

Koordinator Living Lab Smart City Nusantara Imanuddin mengungkapkan beberapa solusi dari smart city nusantara tengah dikembangkan untuk provinsi tersebut, salah satunya untuk Pemerintah Kabupaten Singkawang.

"Kita sediakan konektifitas, berbasis kabel optik, satelit, dan lainnya. Ada juga tengah dikembangkan platform e-government, LPSE, dan data center," katanya.

Rencananya pada 2018 ada beberapa pekerjaan besar seperti mengembangkan Command Center, CCTV, e-Surat, dan penyediaan aplikasi Hi City untuk pariwisata.(dn)

Telkom Smart City
Artikel Terkait
telkom solution travel
More Stories
telkom smart city
telkom sigma
telkom DBS / liputan khusus
kerjasama CSI