blanja.com motoGP

JM Care, aplikasi untuk kenyamanan di jalan tol

11:29:49 | 08 Sep 2017
telkom solution travel
JM Care, aplikasi untuk kenyamanan di jalan tol
finnet KTM
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Transportasi memegang peranan vital bagi pergerakan ekonomi suatu bangsa.

Dengan kualitas transportasi yang baik, kita dapat merasakan mobilitas yang semakin mudah dan cepat, produktifitas yang meningkat dan efisiensi ekonomi terutama percepatan distribusi logistik dapat tercapai.

Untuk itu, tak berlebihan kiranya jika prioritas pengembangan kualitas transportasi dan jalan raya masuk ke dalam program utama kepemerintahan era Jokowi-JK atau yang biasa dikenal dengan “Nawacita”.

Sebagai bagian dari program BUMN - Hadir Untuk Negeri - dua perusahaan plat merah yaitu PT Jasa Marga Tbk (JSMR) dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melalui anak usahanya PT Infomedia Nusantara (Infomedia) bersinergi untuk memberikan kontribusi dalam upaya mensukseskan program Nawacita melalui peningkatan kualitas kenyamanan para pengguna sarana transportasi jalan tol di Indonesia.

Aplikasi
Sebagaimana halnya telah kita sadari bersama kepadatan jalan tol pada jam-jam tertentu, serta gangguan selama perjalanan akibat insiden-insiden seperti kecelakaan, kerusakan kendaraan hingga perbaikan jalan merupakan hal yang tidak dapat kita hindari, akan tetapi meminimalisir resiko molornya perjalanan akibat permasalahan tersebut tentunya dapat kita lakukan.

Apalagi dengan bantuan teknologi digital yang semakin canggih saat ini. Menyadari hal tersebut, kedua perusahaan plat merah ini sepakat bahwa dengan adanya aplikasi mobile yang mampu menyediakan informasi secara real time merupakan solusi yang dapat menjawab tantangan selama berkendara di jalan tol.

Adalah JMCare, mobile apps yang didesain untuk dapat memenuhi kebutuhan seluruh pengguna layanan Jasa Marga akan informasi secara real time dengan mengintegrasikan fungsi Google maps, GPS, dan CCTV jalan tol kedalam aplikasi yang memfasilitasi pertukaran informasi dan komunikasi pengguna tol dan Jasa Marga.

Dua fitur utama yang ditawarkan, yaitu fitur notifikasi dan fitur informasi. Fitur notifikasi berbasis push notification message yang berfungsi untuk memberikan informasi situasi lalu lintas di jalan tol secara real time kepada pengguna jalan.

Sedangkan pada fitur informasi, pengguna jalan dapat dengan mudah mendapatkan informasi seputar jalan tol baik untuk mendapatkan informasi kondisi trafik terkini, jalur tercepat, informasi kecelakaan, gangguan, atau perbaikan jalan, hingga permintaan bantuan untuk mobil derek atau bantuan emergency lainnya.

Selain itu, aplikasi ini juga memfasilitasi kebutuhan para pengguna tol untuk berbagi informasi terkait kondisi jalan maupun menyampaikan keluhan pelayanan yang akan ditindaklanjuti secara langsung oleh Jasa Marga.

Aplikasi JMCARE ini juga merupakan pelengkap bagi layanan Jasa Marga dalam memberikan informasi real time kepada pengguna jalan yang selama ini sudah dapat dijangkau melalui channel Twitter @PTJASAMARGA, Jasa Marga Traffic Information Center (JMTIC) 14080, Streaming CCTV melalui https://www.jasamargalive.com, serta Variable Message Sign (VMS).

Direktur Utama Infomedia Bona LP Parapat  menyatakan sebagai perusahaan Business Process Management (BPM), pembuatan aplikasi yang mendukung kualitas interaksi perusahaan dengan pelanggan bukanlah hal baru bagi Infomedia.

“Aplikasi dari Infomedia ini dapat mendukung program pemerintah sebagai bagian dari sinergi BUMN hadir untuk negeri,” katanya dalam keterangan, kemarin.

Asal tahu saja, Infomedia telah memperkenalkan brand baru untuk solusi digitalnya.

INFiniti - Infomedia Integrated Digital Solution, menjadi brand yang diusung Infomedia untuk memayungi seluruh solusi digital Customer Relationship Management (CRM) dan digital Business Process Management (BPM).

Aplikasi JMCare merupakan bagian dari solusi INFiniti yang dimiliki oleh Infomedia untuk memfasilitasi kebutuhan digitalisasi perusahaan dengan pengembangan fitur-fitur dasar aplikasi CRM dengan banyak pilihan channel yang saling terintegrasi (Omni-channel), seperti call, Text Message, Email, Chat (Line, Telegram, Hangout), Social Media (FB dan Twitter), hingga website dan mobile apps.

Benefit dari INFiniti Omni-channel yaitu dapat mengelola Customer Interaction perusahaan dan meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memberikan Customer Experience yang lebih baik serta perusahaan juga mendapatkan benefit lain berupa pemahaman yang lebih baik mengenai customer melalui dukungan data analytics yang dilengkapi dengan laporan interaksi yang real time dan komprehensif.(ad)

Telkom Smart City
Artikel Terkait
telkom solution travel
Lifestyle-Native-LTE-Wifi-Calling_300x250.jpg
More Stories
telkom smart city
telkom sigma
telkom DBS / liputan khusus
kerjasama CSI