blanja

Dua BUMN ini lakukan sinergi demi digitalisasi sektor energi

09:21:28 | 18 Apr 2017
telkom solution travel
Dua BUMN ini lakukan sinergi demi digitalisasi sektor energi
Menteri BUMN Rini M. Soemarno, Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik dan Direktur Utama Telkom Alex Janangkih Sinaga, usai melakukan MoU Digitalisasi bagi Pertamina, Senin (17/4).(Foto:TLKM)
finnet KTM
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) papan atas, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dan PT Pertamina (Persero) melakukan sinergi demi mewujudkan digitalisasi layanan di sektor energi nasional.

Sinergi kedua BUMN ini dilakukan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman antara Telkom dengan Pertamina tentang Digitalisasi Pertamina, berbarengan dengan acara peresmian satelit Telkom 3S yang dihadiri oleh Menteri BUMN Rini M. Soemarno, Direktur Utama Pertamina  Elia Massa Manik dan Direktur Utama Telkom Alex Janangkih Sinaga, yang mengambil tempat di Stasiun Pengendali Utama Satelit Telkom, Jl. Raya Narogong KM 26.5, Cibinong, Senin, (17/4).

Dalam sambutannya setelah acara penandatanganan, Alex mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pertamina atas kepercayaan kepada Telkom untuk melakukan Digitalisasi Pertamina. Dalam rangka sinergi antar perusahaan BUMN sebagaimana yang diamanatkan dalam Surat Edaran Menteri BUMN, Telkom dan Pertamina sepakat melakukan kerjasama bisnis yang saling menguntungkan dengan tetap memperhatikan ketentuan yang berlaku pada masing-masing perusahaan.  

Ruang lingkup Nota Kesepahaman ini adalah dalam rangka mendukung Pertamina menjadi perusahaan kelas dunia yang berbasis digital, untuk selanjutnya disebut Digitalisasi Pertamina yang meliputi namun tidak terbatas pada: rencana kerjasama Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK); rencana kerjasama pemanfaatan (joint utility) asset Telkom dan asset Pertamina; rencana kerjasama dalam rangka Digitalisasi Pertamina yang meliputi proses improvement, digital culture transformation, dan customer experience; rencana kerjasama lainnya yang akan disepakati oleh para pihak.

Turut hadir pada acara tersebut EVP Divisi Enterprise Service Telkom Siti Choiriana, GM Energy & Resources Service Telkom Eddy Mangatas, Direktur Pemasaran Pertamina Muhammad Iskandar, SVP Corporate Shared Service Pertamina Jeffrey Tjahya Indra, dan Corporate Secretary Pertamina Syahrial Mukhtar.(ds)

Telkom Smart City
Artikel Terkait
telkom solution travel
Lifestyle-2-Wi-Fi-&-LTE-Calling.jpg
More Stories
telkom smart city
telkom sigma
telkom DBS / liputan khusus